Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Bamsoet Apresiasi Kiprah Guru Besar Unpad Prof I Gde Pantja Astawa di Bidang Hukum

Sabtu, 14 Januari 2023 21:44 WIB
Ketua MPR Bambang Soesatyo (kiri) bersama Guru Besar Hukum Tata Negara Unpad Prof I Gde Pantja Astawa. (Foto: Dok. MPR)
Ketua MPR Bambang Soesatyo (kiri) bersama Guru Besar Hukum Tata Negara Unpad Prof I Gde Pantja Astawa. (Foto: Dok. MPR)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua MPR sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo turut berbahagia atas syukuran ulang tahun ke-66 Prof I Gde Pantja Astawa, Guru Besar Hukum Tata Negara Fakultas Hukum, Universitas Padjadjaran (Unpad). Syukuran dilangsungkan bersamaan dengan syukuran ulang tahun pernikahan Prof Gde dengan istri, Taty Sugiarti, sekaligus peluncuran Tatysoe, shopping and retail busana Muslim, yang diinisiasi Taty.

Bamsoet, sapaan akrab Bambang, menyatakan bahwa Prof Gde dengan Taty merupakan pasangan energik. Keduanya aktif mengabdikan diri sebagai dosen dengan beragam aktivitas. Prof Gde aktif sebagai ahli dalam berbagai persidangan di Mahkamah Konstitusi, peradilan di bawah Mahkamah Agung, dan pembicara pada berbagai seminar dan diskusi akademik.

Baca juga : Bamsoet Apresiasi Terpilihnya Gavriel Novanto Jadi Ketua IMI NTT

“Beliau juga memiliki kepedulian terhadap satwa dan lingkungan, dengan menjadi Dewan Pembina Yayasan Margasatwa Tamansari selaku pengelola Kebun Binatang Bandung. Sementara, Dr Taty, selain meluncurkan brand Tatysoe, juga telah memiliki beragam usaha seperti Laksmi Batik, dan Luxme (sport wear)," ujar Bamsoet, usai menghadiri syukuran ulang tahun Prof Gde, di Bandung, Jumat malam (13/1).

Turut hadir antara lain Guru Besar Fakultas Hukum Unpad sekaligus Staf Khusus Menkominfo Prof Ahmad M Ramli, Anggota Komisi I DPR Yan Permenas, Ketua Yayasan Margasatwa Tamansari (YMT) selaku pengelola Kebun Binatang Bandung Sri Devi, dan Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat Kuswara Taryono.

Baca juga : Bamsoet Apresiasi Dasco Raih Gelar Profesor Ilmu Hukum

Ketua DPR ke-20 ini menjelaskan, keahlian dan pemikiran Prof Gde dalam bidang hukum tata negara, politik hukum, dan hukum administrasi negara, telah memberikan banyak manfaat diskursus dan dialektika bagi bangsa. Hasil pemikirannya telah diterbitkan dalam berbagai buku seperti Dinamika Hukum dan Ilmu Perundang-Undangan di Indonesia (2008), Problematika Hukum Otonomi Daerah di Indonesia (2008), serta Memahami Ilmu Negara dan Teori Negara (2012).

"Salah satu pemikiran Prof Gde yang fenomenal yakni tentang ketentuan ambang batas pengajuan calon presiden dan wakil presiden atau presidential threshold yang menurutnya merupakan kebijakan hukum terbuka, sehingga pengaturannya menjadi kewenangan pembentuk undang-undang. Beliau menekankan, presidential threshold merupakan salah satu jaring yang dapat menjamin stabilitas penyelenggaraan pemerintahan di bawah sistem pemerintahan presidensiil yang bertujuan mewujudkan sistem multipartai sederhana," jelas Bamsoet.

Baca juga : Butuh Investasi Besar Capai FOLU Net Sink, Peran Swasta Ditunggu

Wakil Ketua Umum Pemuda Pancasila ini menerangkan, Prof Gde juga termasuk tokoh yang mendorong agar penerapan restorative justice dimasifkan oleh penegak hukum. Restorative justice bisa menempatkan tindak pidana tidak semata bahwa pelaku kejahatan telah melanggar hukum, melainkan juga mendorong penyelesaian tindak pidana secara informal dan personal. 

"Beliau menekankan untuk memenuhi rasa keadilan, para pelaku tidak hanya menjalani pidana, melainkan juga bisa bertanggungjawab kepada korban baik secara materi maupun spiritual," pungkas Bamsoet.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.