Dark/Light Mode

Ketua MPR Ajak Elit Beri Contoh Politik Santun

Jumat, 16 Agustus 2019 14:51 WIB
Ketua MPR Zulkifli Hasan, dalam acara Sidang Tahunan MPR 2019 di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8). (Foto: Shahih Qardhavi/Rakyat Merdeka)
Ketua MPR Zulkifli Hasan, dalam acara Sidang Tahunan MPR 2019 di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8). (Foto: Shahih Qardhavi/Rakyat Merdeka)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Zulkifli Hasan mengajak para pemimpin di Indonesia, untuk memberikan pendidikan politik yang baik kepada masyarakat. Khususnya, pasca Pilpres 2019, agar semua pihak kembali berdamai.

"Kami mendorong segenap pemimpin bangsa untuk memberikan pendidikan politik yang menjunjung tinggi etika," ujar Zulkfili dalam Sidang Tahunan MPR di Komplek Parlemen RI, Jakarta, Jumat (16/8).

Baca juga : Kota Paling Berpolusi Sedunia, Jakarta Ranking Satu Lagi

Ia berharap, para pemimpin di Indonesia tetap mengedepankan persatuan di atas kepentingan pribadi, kelompok, dan golongan.

Hal itu diharapkannya dapat memberi contoh ke masyarakat untuk tak mudah terpecah di dalam keberagaman. Selain itu, ia juga mengajak masyarakat untuk meneladani kisah para tokoh bangsa, antara lain Soekarno, KH Agus Salim, dan Mohamad Hatta.

Baca juga : Lapak Online Beri Berkah Pedagang Sapi

Menurut Zulhas, ketiganya patut dicontoh dalam rangka mewujudkan nilai-nilai yang terkandung dalam Empat Pilar yakni Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhinneka Tunggal Ika.

"Kita belajar dari kisah para pendiri bangsa yang memberi keteladanan bahwa memimpin adalah mengabdi. Bukan sekedar jalan mencari kuasa," ujarnya.

Baca juga : TNI Resmi Punya Pasukan Elit Baru, Koopsus

Dengan begitu, ia yakin Indonesia akan memiliki sumber daya manusia (SDM) yang unggul, bila masyarakatnya menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan.

"Saling bahu-membahu, bergotong royong, berat sama dipikul ringan sama dijinjing. Tepatlah kiranya jika tema Peringatan emerdekaan Indonesia ke-74 adalah SDM Unggul, Indonesia Maju," ujar Zulkifli. [QAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.