Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Pintu Airlangga Terbuka Untuk Bang Surya

Rabu, 1 Februari 2023 07:27 WIB
Ketua Umum NasDem Surya Paloh dan Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto. (Foto: Ist)
Ketua Umum NasDem Surya Paloh dan Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Siang ini, Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto dijadwalkan akan bertemu dengan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh. Pertemuan ini direncanakan berlangsung di DPP Partai Golkar, Slipi, Jakarta Barat. Pintu Airlangga terbuka untuk Bang Surya.

Kabar adanya pertemuan ini dibenarkan Wakil Ketua Umum (Waketum) Golkar Melchias Markus Mekeng. "Iya betul besok (hari ini) Paloh akan datang ke DPP Partai Golkar," kata Mekeng, saat dikonfirmasi, kemarin.

Mekeng mengaku belum mengetahui apa yang akan dibicarakan kedua ketum parpol tersebut. Namun, kata dia, kedua pengurus akan ikut mendampingi.

Hal senada dikatakan Ketua DPP Partai Golkar Dave Laksono. Kata dia, dalam pertemuan nanti, Airlangga akan menyambut Paloh dengan didampingi pengurus DPP yang lain.

Apa yang akan dibahas? Menurut Dave, kunjungan Paloh ini sebagai silaturahmi. “Membalas kunjungan Airlangga yang menyambangi markas ke NasDem sebelumnya,” ucapnya, kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Putra Agung Laksono ini mengaku tidak mau mendahului mengenai isi dari pertemuan Airlangga dan Paloh nanti. "Besok saja, biar nanti ketua umum yang menyampaikan langsung," ucap Anggota Komisi I DPR ini.

Baca juga : Tingkat Kesukaan Jadi Modal Airlangga Dongkrak Elektabilitas

Namun, kata dia, dalam pertemuan itu mungkin saja membahas peluang kerja sama di Pilpres nanti. Golkar yang kini telah tergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) bersama PAN dan PPP terbuka dan siap bekerja sama bila ada parpol lain ikut bergabung. Namun untuk pastinya, Dave meminta, menunggu hasil pertemuan itu.

Soal Pilpres 2024, Dave mengatakan, pendaftaran capres-cawapres masih lama. Karena itu, di waktu tersisa ini masih terbuka peluang untuk tiap parpol untuk saling menjajaki kerjasama. "Kita lihat saja bagaimana perkembangannya nanti," ujarnya.

KIB, kata dia, masih terus melakukan pembahasan capres. Golkar tetap menyodorkan Airlangga sebagai capres. Kapan akan diumumkan? Dave bilang, capres-cawapres akan diumumkan dalam waktu dan momen yang tepat.

Saat ini, pihaknya masih terus menggodok dan mempertimbangkan banyak hal, seperti rekam jejak dan popularitas. Agar capres-cawapres yang diusung nanti bisa memberikan yang terbaik.

"Nanti pada saatnya akan kita buka. Jangan tergesa-gesa," ucapnya.

Kabar rencana pertemuan itu juga dibenarkan NasDem. "Benar, pertemuan itu direncanakan Rabu (1/2)," ungkap Wakil Sekretaris Jenderal DPP Partai NasDem, Dedy Ramanta kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Baca juga : Elektabilitas Golkar Meroket, Airlangga Berpeluang Besar Nyapres

Apakah akan bicara pilpres? "Pastinya, membicarakan situasi dan kondisi politik terkini. Termasuk, perkembangan demokrasi di Indonesia dan berbagai isu di Tanah Air. Detailnya apa, kami belum diberi tahu," tutur Dedy.

Meski banyak yang menganggap pertemuan antara Surya Paloh dengan Airlangga ini spesial, aktivis yang pernah menjadi Program Manager WALHI Jakarta (2007-2009) ini menyebut pertemuan kedua bos parpol sebagai hal lumrah.

"Kan Golkar juga pernah datang ke Gondangdia. Sekarang, giliran Pak Surya yang bertandang ke Slipi (DPP Golkar). Saya kira, itu hal biasa. Apalagi, tugas parpol kan memang menjalin komunikasi politik," ujar Dedy.

Sebelumnya, pada 10 Maret 2022, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menyambangi Surya Paloh di NasDem Tower, Gondangdia, Jakarta Pusat. Airlangga didampingi sejumlah elit Golkar seperti Sekretaris Jenderal Lodewijk F Paulus, Wakil Ketua Umum Nurul Arifin, Wakil Ketua Umum Agus Gumiwang Kartasasmita, dan Airin Rachmi Diany.

Usai pertemuan tertutup berdurasi tiga jam, Airlangga mengatakan, pada intinya Golkar dan NasDem sejalan. Kedua partai akan mengutamakan kebersamaan, meski tak sepakat dalam beberapa hal.

“Beliau ini (Surya Paloh) lebih lama di Golkar, ketimbang di NasDem. Saya pernah menjadi juniornya beliau. Alhamdulillah, dalam kebijakan politik, Golkar dan NasDem seluruhnya sejalan. Kalau ada yang beda, tentu kita utamakan kebersamaan," tutur Airlangga, yang juga menjabat Menko Perekonomian.

Baca juga : Denmark Buka Pintu Wajib Militer Untuk Kaum Wanita

Sementara Surya Paloh menekankan, silaturahmi ini memberikan arti tersendiri bagi keinginan kedua parpol, untuk terus menguatkan sinergitas. Mengenai Pemilu 2024, Surya Paloh menegaskan, NasDem dan Golkar setuju memprioritaskan kepentingan masyarakat, dibanding institusi. Selain itu, kedua partai juga sepakat fokus mengawal kinerja Presiden Jokowi, hingga masa jabatannya selesai. 

Lalu apa kata pengamat soal pertemuan ini, Pengamat Politik Ujang Komarudin mengatakan, pertemuan NasDem dan Golkar ini sangat istimewa. Pertemuan ini, pasti akan membahas politik.

“Pertemuan ini juga memperlihatkan pintu Airlangga terbuka untuk Bang Surya. Apalagi pasca deklarasikan Anies, NasDem seperti dikucilkan di koalisi,” tukasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.