Dark/Light Mode

Laba BUMN Meningkat Signifikan Di 2022

Pak Erick Mantap Dan Keren

Kamis, 16 Februari 2023 07:45 WIB
Anggota Komisi VI DPR Darmadi Durianto. (Foto: Dok. DPR)
Anggota Komisi VI DPR Darmadi Durianto. (Foto: Dok. DPR)

 Sebelumnya 
Hadirnya Erick ternyata sukses membuat pendapatan pelaku UMKM di Singkawang mening­kat ratusan persen.

“Bapak datang, UMKM di sana, kuliner, omzet naik. Pada berterima kasih pada Bapak. Ratusan persen. Jadi luar biasa,” tambah dia.

Erick Thohir menyampaikan, realisasi anggaran BUMN di 2022 mencapai 99,06 persen atau sebesar Rp 196,5 miliar dari total pagu anggaran tahun 2022 sebesar Rp 198,43 miliar.

Baca juga : Datang Bareng, 3 Artis Rawat Kecantikan Di Queen Plastic Surgery Sunter

“Alhamdulillah, persentase­nya terus tinggi karena itu kita sekarang langsung mendorong untuk audit dari BPKP dan BPK untuk memastikan laporan keuangan ini hal yang baik,” jelas Erick.

Erick melaporkan, aset pe­rusahaan BUMN mengalami peningkatan cukup signifikan dari Rp 8.978 triliun menjadi Rp 9.867 triliun. Ekuitas BUMN juga mengalami peningkatan sebagai dampak dari berbagai aksi korporasi untuk mem­perkuat permodalan dan juga tidak berutang.

“Kita lihat bagaimana ekuitas meningkat dari Rp 2.778 triliun menjadi Rp 3.150 triliun. Pendapatan pun meningkat dari Rp 2.292 triliun menjadi Rp 2.613 triliun,” ujarnya.

Baca juga : BPK Diyakini Akan Tetap Independen

Pencapaian ini menggem­birakan, walau nantinya men­jadi pressure buat Kementerian BUMN untuk lebih mening­katkan performa perusahaan-perusahaan pelat merah di 2023. Mengingat, transformasi yang sudah dilakukan mencapai 70-75 persen.

Apalagi konsolidasi dari perbaikan dan pengoperasian BUMN secara menyeluruh, laba bersih mengalami peningka­tan dari Rp 125 trilun menjadi kurang lebih Rp 303,7 triliun.

“Artinya, ada peningkatan sangat signifikan Rp 179 triliun. Apakah bisa meningkat setinggi ini tahun ini? Kita tahu ini tahun politik, nanti dipikir sudah tidak serius kerja seluruh kementerian. Padahal memang konsolidasinya sudah mencapai 75 persen,” katanya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.