Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

HNW Ingatkan Parpol Beri Pendidikan Politik Generasi Milenial

Jumat, 17 Februari 2023 09:56 WIB
Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid saat Pelantikan Pengurus DPW Gema Keadilan Provinsi Papua, Rabu (15/2). (Foto: Istimewa)
Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid saat Pelantikan Pengurus DPW Gema Keadilan Provinsi Papua, Rabu (15/2). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dalam rangkaian kunjungan kerjanya di beberapa wilayah di Provinsi Papua, Rabu (15/2), Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid berkesempatan menyambangi anak-anak muda Papua yang tergabung dalam Generasi Muda (Gema) Keadilan.

HNW memberikan pendidikan politik sekaligus menyaksikan Pelantikan Pengurus DPW Gema Keadilan Provinsi Papua.

Acara yang digelar di Gedung LPTQ, Kota Jayapura, Papua ini dihadiri Ketua KNPI Jayapura, tokoh-tokoh masyarakat di Papua, DPW PKS Papua Suherman, Ketum Gema Keadilan Papua Sayid Achmad dan para pengurus serta anggota Gema Keadilan sebagai peserta.

Dalam paparannya, kepada para peserta, Pimpinan MPR dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang biasa di sapa HNW ini mengingatkan bahwa kita sudah memasuki yang populer disebut sebagai tahun politik.

Baca juga : Telkom Dukung Digitalisasi Rokan Dalam Penyediaan Pelatihan Virtual

Di tahun politik tersebut peran partai politik sebagai peserta pemilu sangat menonjol. Parpol, ditegaskan HNW karenanya jangan hanya memberikan janji-janji kampanye dan mengharapkan suara rakyat sebanyak-banyaknya.

Tapi, harus bisa melakukan edukasi berpolitik yang benar dan produktif kepada rakyat, pemilik kedaulatan yang akan menggunakan haknya untuk memilih atau tidak memilih.

"Sebab, salah satu tugas parpol adalah melakukan advokasi dan pendidikan politik untuk anggotanya, simpatisannya dan untuk rakyat Indonesia secara keseluruhan," terang HNW.

Pendidikan politik kepada rakyat itu sangat penting. Sebab, jika warga tidak mendapatkan pendidikan politik yang benar, maka rakyat tidak mengerti hak dan kewajibannya, tidak mengerti kemaslahatan dalam berpolitik dan berdemokrasi.

Baca juga : Tingkatkan Motivasi Scholarship Hunters, PMN Adakan Seminar Beasiswa

Pada ujungnya rakyat akan asal pilih sehingga hasilnya asal-asalan juga. Atau rakyat terbuai dengan janji politik sehingga memilih dengan tidak kritis/obyektif. Atau sebaliknya malah golput karena muak atau termakan propaganda negatif soal Partai dan Demokrasi.

"Menurut saya, itu kondisi dan situasi yang sangat tidak baik buat masa depan bangsa, dan kualitas demokrasi dan hasilnya baik dalam konteks eksekutif maupun legislatif," tambah HNW.

HNW menegaskan, kesadaran berpolitik memiliki peran sangat penting dalam negara demokrasi seperti Indonesia. Tidak ada yang namanya negara demokrasi tanpa berpolitik dan tanpa parpol, serta tidak ada negara demokrasi yang sehat, kemudian parpolnya tidak melakukan pendidikan politik.

Kepada anggota Gema Keadilan yang sebagian besar anak-anak muda, Wakil Ketua Majelis Syura PKS ini meminta agar melanjutkan idealisme dan aktifisme berpolitik seperti dicontohkan para Pemuda yang sukses gelar Sumpah Pemuda tahun 1928, serta aktif melakukan edukasi dan pencerahan politik, kepada masyarakat di lingkungannya masing-masing.

Baca juga : Magister Ilmu Komunikasi UMB Tingkatkan Literasi Politik & Media Pelajar

Terutama, kepada generasi muda lainnya, agar mereka tidak apatis kepada politik, tidak berpolitik hanya sekedar ikut-ikutan, tapi berpolitik dengan idealisme, tanggung jawab serta dengan profesionalitas yang tinggi.

"Ingat generasi milenials atau generasi Z adalah pemilih terbanyak pada kontestasi Pemilu 2024 nanti. Maka, akan sangat mubazir dan disayangkan jika mereka tidak sadar politik, dan kemudian tidak menggunakan hak pilihnya, menjadi golput, atau memilih asal saja, atau malah termakan politik pecahbelah dan adu domba. Generasi muda mestinya menjadi bagian dari solusi positif, termasuk dalam hal berpolitik," imbaunya.

Untuk seluruh warga bangsa, HNW berpesan bahwa berpolitik itu adalah sesuatu yang mulia, dibiayai negara sangat besar. Sehingga sudah sangat sewajarnya, jika semuanya menempatkan politik pada posisi yang tepat, menjadikan politik sebagai sarana untuk menghadirkan wakil rakyat, pimpinan daerah dan pimpinan negara yang tepat, berkualitas sesuai keinginan rakyat. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.