Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
%
Ganjar & Mahfud
Waktu |

Tingkatkan Motivasi Scholarship Hunters, PMN Adakan Seminar Beasiswa

Senin, 13 Februari 2023 08:39 WIB
Pemuda Mahasiswa Nusantara (PMN) mengadakan kegiatan Seminar Beasiswa guna meningkatkan motivasi dan kiat-kiat mendapatkan beasiswa baik dalam negeri maupun luar negeri. 
Seminar yang diadakan di Roca Coffee & Resto, Jl Demang Lebar Daun, Kota Palembang pada (12/2). (Foto: Ist)
Pemuda Mahasiswa Nusantara (PMN) mengadakan kegiatan Seminar Beasiswa guna meningkatkan motivasi dan kiat-kiat mendapatkan beasiswa baik dalam negeri maupun luar negeri. Seminar yang diadakan di Roca Coffee & Resto, Jl Demang Lebar Daun, Kota Palembang pada (12/2). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemuda Mahasiswa Nusantara (PMN) mengadakan kegiatan Seminar Beasiswa guna meningkatkan motivasi dan kiat-kiat mendapatkan beasiswa baik dalam negeri maupun luar negeri. 

Seminar yang diadakan di Roca Coffee & Resto, Jl Demang Lebar Daun, Kota Palembang pada (12/2) mengundang narasumber peraih beasiswa di Universitas Al Azhar Cairo Mesir, Dr Muhammad Abdillah M Pd I.

Dalam kesempatan tersebut Abdillah mengungkapkan ada tiga kunci utama dalam mendapatkan beasiswa, hal tersebut yang harus dikuasai oleh pelajar dalam mempersiapkan diri demi meraih beasiswa dalam maupun luar negeri.

Baca juga : Airin Minta Didoakan Jadi Gubernur Banten

"Untuk kiat mendapatkan beasiswa itu ada tiga hal, yakni menguasai bahasa, keilmuan dan membuat karya tulis. Selanjutnya, kita mesti menguatkan tekad dengan memperbanyak jaringan dan memenuhi kriteria yang dibutuhkan oleh para pemberi beasiswa," kata Abdillah.

Sementara, Koordinator PMN Wilayah Sumatera Selatan, Khoiril Sabili, menilai dengan adanya seminar beasiswa tersebut diharapkan mampu mengoptimalkan Sumber Daya Manusia (SDM) serta memudahkan langkah pelajar dalam memperoleh informasi terkait peluang beasiswa.

"Kegiatan ini tentu menjadi sarana ya bagi para scholarship hunters untuk memperoleh beasiswa, tentu di sini banyak sekali yang berminat ya, sehingga mereka banyak mencari akses untuk sampai ke sana," ujar Khoiril.

Baca juga : Tingkatkan Vokasi Pekerja, KSPSI Kirim Delegasi Ke Jepang

Lebih lanjut, Khoiril menuturkan dengan adanya seminar beasiswa, hal itu menjadi salah satu langkah dalam memanfaatkan bonus demografi yang dihadapi Indonesia. Dengan tingginya angka produktif di Indonesia, maka perlu diikuti dengan masifnya informasi untuk meningkatkan kualitas pendidikan.

"Sayang sekali ya kalau bonus demografi seperti yang dihadapi Indonesia tidak dimanfaatkan. Untuk itu, kita semua pemuda di Sumatera Selatan khususnya berkomitmen untuk memanfaatkan bonus demografi tersebut," lanjutnya.

Berdasarkan data Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Bappenas, pada tahun 2030-2040, Indonesia diprediksi akan mengalami masa  bonus demografi, dimana jumlah penduduk usia produktif (berusia 15-64 tahun) lebih besar dibandingkan penduduk usia tidak produktif (berusia di bawah 15 tahun dan di atas 64 tahun).

Baca juga : Tekan Inflasi, Bulog Gelontorkan 300 Ribu Ton Beras

Pada periode itu, penduduk usia produktif diprediksi mencapai 64% dari total jumlah penduduk Indonesia  yang diproyeksikan mencapai 297 juta jiwa. Agar Indonesia dapat memetik manfaat maksimal dari bonus demografi, ketersediaan sumber daya manusia usia produktif yang melimpah harus diimbangi peningkatan kualitas dari sisi pendidikan dan keterampilan, termasuk kaitannya dalam menghadapi keterbukaan pasar tenaga kerja.

Kedepan, Khoiril sudah menyusun agenda lanjutan dari seminar beasiswa. "Agenda lanjutannya seperti memfasilitasi pelatihan toefl, mempertemukan dengan penyedia beasiswa dan hal-hal lainnya yang mengarah pada beasiswa," ujarnya.

Selain seminar tersebut, PMN juga memberikan bantuan rak buku secara simbolis kepada Ikatan Mahasiswa Palembang. Kegiatan tersebut dilakukan sebagai komitmen PMN dalam mendorong pembangunan nasional.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.