Dark/Light Mode

Komisi VI DPR Apresiasi Kinerja Keuangan PLN Tahun 2022

Kamis, 16 Februari 2023 16:31 WIB
Dirut PLN Darmawan Prasodjo dalam Rapat Dengar Pendapat antara Komisi VI DPR RI dengan Jajaran Direksi PLN di Jakarta (15/2). (Dok. PLN)
Dirut PLN Darmawan Prasodjo dalam Rapat Dengar Pendapat antara Komisi VI DPR RI dengan Jajaran Direksi PLN di Jakarta (15/2). (Dok. PLN)

 Sebelumnya 
Darmawan menambahkan, dalam pengelolaan Capital Expenditure (Capex), PLN merealisasikan capex pada tahun 2022 sebesar Rp 57 triliun.

Dalam menghadapi dinamika global, Darmawan menjelaskan PLN melakukan adjustment dengan menghitung demand.

Baca juga : Jemaah Majelis Taklim Apresiasi Ajakan Jaga Kebersihan Lingkungan Kiai Muda Jatim

Sehingga ekspansi aset yang belum dibutuhkan ditunda dengan perhitungan yang cermat. PLN juga melakukan efisiensi biaya operasional dengan meningkatkan digitalisasi semua lini baik transmisi, pembangkitan, distribusi dan juga sistem keuangan.

Sistem keuangan yang lebih transparan dan termonitor dengan baik mampu meningkatkan kinerja perusahaan lebih akuntabel dan efisien.

Baca juga : Komisi VII DPR Apresiasi Darmawan Prasodjo Mampu Tingkatkan Kinerja PLN di 2022

"Pembayaran hutang dipercepat juga berdampak pada beban keuangan yang semakin kecil. Dengan penjualan yang tumbuh, kami juga menekan cost operasional serta pengelolaan capital expenditure (capex) dengan baik maka kami bisa mencatatkan kinerja keuangan yang sehat," ujar Darmawan.

Darmawan mengatakan capaian kinerja perusahaan yang positif pada tahun 2022 tidak lepas dari dukungan Komisi VI DPR RI dalam mengawal dan memberikan support bagi PLN.

Baca juga : Fraksi PKS Apresiasi Pemerintah RI Bantu Korban Gempa Turki Dan Suriah

PLN berkomitmen akan terus melanjutkan transformasi bisnis perusahaan sehingga perusahaan akan semakin sehat ke depan.

"Capaian ini tidak terlepas dari dukungan Komisi VI. Arahan dan pengawalan dari seluruh anggota Komisi VI menjadi guidance bagi kami menjalankan perusahaan ini," ujar Darmawan.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.