Dark/Light Mode

AJB Bumiputera 1912 Apresiasi Dukungan Pemegang Polis

Selasa, 14 Februari 2023 22:11 WIB
Peringatan Ulang Tahun ke -111 AJB Bumiputera 1912 dirayakan secara sederhana dengan perenungan perjalanan panjang perusahaan, doa bersama dan pemotongan tumpeng. (Foto: Ist)
Peringatan Ulang Tahun ke -111 AJB Bumiputera 1912 dirayakan secara sederhana dengan perenungan perjalanan panjang perusahaan, doa bersama dan pemotongan tumpeng. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera 1912 menyampaikan apresiasi kepada pemegang polis (pempol) atas dukungan mereka terhadap rencana pembayaran polis asuransi jiwa yang tertunda.

Sebagai bentuk dukungan, para pempol yang tergabung dalam Persatuan Keluarga Bumiputera Indonesia (PKBI) mendatangi kantor wilayah Bumiputera di berbagai daerah pada Hari Ulang Tahun perusahaan, pada 12 Februari 2023.

“Kami sangat mengapresiasi dukungan dan antusiasme para pempol di Jakarta, Medan, Yogyakarta, dan sejumlah daerah lainnya. Ini menjadi semangat bagi seluruh karyawan Bumiputera bergerak untuk membayarkan hak-hak pempol dengan memperhatikan keberlangsungan perusahaan,” kata Direktur Utama AJB Bumiputera 1912 Irvandi Gustari di Jakarta, Selasa (14/2).

Ia mengatakan, dukungan pempol sangat penting di saat perusahaan berbentuk mutual ini tengah menjalankan Penyehatan Keuangan Perusahaan yang telah mendapat “lampu hijau” dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada Jumat, 10 Februari 2023.

Baca juga : Ini Kunci Singo Edan Menang Usai 5 Kali Keok

“Karena Bumiputera ini merupakan milik bersama para pemegang polis, dukungan dan kerjasama pempol seperti yang telah ditunjukkan tersebut sangat membantu,” katanya.

Sementara itu, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo yang merupakan salah satu pemegang polis Bumiputera mengatakan, sebagai satu-satunya perusahaan asuransi di Indonesia yang berbadan hukum mutual atau usaha bersama, Bumiputera harus terus didukung.

“Inilah satu-satunya perusahaan kebanggaan Indonesia yang didirikan dengan gotong royong. Dimiliki rakyat, dibesarkan oleh rakyat, dan susah senang atau untung ruginya juga ditanggung oleh rakyat. Semangat ini sungguh luar biasa,” kata Syahrul dalam syukuran ulang tahun Bumiputera di Wisma Bumiputera, Minggu (12/2).

Wakil PKBI Korda DKI, Lindawati Yunus mengatakan, para pemegang polis sudah menanti lama kepastian pembayaran klaim asuransi jiwa mereka. Rencana pembayaran klaim asuransi yang disampaikan manajemen Bumiputera menjadi harapan di tengah situasi ekonomi yang sulit.

Baca juga : Jelang Lawan Persib, Teco Ancam Lapor Polisi

“Semoga Bumiputera bangkit dan jaya kembali sehingga klaim kami yang sudah lama diharapkan pempol segera dibayarkan, apalagi dengan kondisi ekonomi dua tahun terakhir ini tidak membaik buat kami masyarakat lemah dan berpenghasilan serba kurang,” katanya.

Korda PKBI Yogyakarta Renita Gultom yang mendatangi Kanwil Bumiputera Yogyakarta berharap segera dilakukan sosialisasi oleh pihak manajemen pusat hingga ke pempol.

“Kami ini orang tua yang harus berjuang membiayai kebutuhan hidup dan pendidikan anak-anak. Pembayaran klaim polis menjadi harapan di tengah kesulitan. Semoga segera terealisasi,” katanya.

Diketahui Bumiputera merayakan ulang tahun ke-111 pada 12 Februari 2023. Ulang tahun kali ini diperingati dengan sederhana, dengan melakukan renungan perjalanan 111 tahun Bumiputera dan doa bersama, yang dilakukan di seluruh Kantor Wilayah dan Kantor Cabang Bumiputera di Indonesia.

Baca juga : BSKDN Bakal Gelar Lokakarya Bahas Aspirasi Publik Pemerintahan Desa

Pada tahun 2021 perusahaan mengalami kerugian sehingga pembayaran klaim asuransi tertunda. Berbagai upaya penyelamatan dilakukan hingga berujung restrukturisasi perusahaan dan penyesuaian nilai klaim agar perusahaan terus dapat berdiri.

Bumiputera merupakan perusahaan berbentuk mutual atau usaha bersama. Dalam Anggaran Dasar Bumiputera pasal 38 ayat 4 disebutkan sebagai usaha bersama, maka keuntungan dan kerugian ditanggung bersama dalam hal ini oleh seluruh anggota atau pemegang polis AJB Bumiputera.

"Mulai akhir Februari kami akan memulai penyampaian informasi kepada pemegang polis melalui Task Force Penyelesaian Klaim Tertunda kepada pemegang polis dan sosialisasi melalui berbagai kanal komunikasi," kata Irvandi.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.