Dark/Light Mode

DPR Apresiasi Gerak Cepat Erick Thohir Agar Stadion Piala Dunia U-20 Tak Dicoret FIFA

Selasa, 7 Maret 2023 17:05 WIB
Erick Thohir. (Foto: Ist)
Erick Thohir. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Anggota Komisi X DPR RI Andreas Hugo Pareira mengapresiasi gerak cepat Ketua Umum PSSI Erick Thohir dalam memastikan stadion yang akan dipakai di Piala Dunia U-20 pada Juni 2023.

Hal itu dilakukan untuk menghindari terjadinya pencoretan beberapa stadion yang bakal dijadikan tempat pertandingan.

Menurut Andreas, keputusan FIFA ini tak lepas dari aturan yang ada hingga PSSI sudah tepat bergerak cepat untuk penuhi persyaratan yang menjadi acuan FIFA agar Indonesia sukses menyelenggarakan Piala Dunia U-20.

Baca juga : Erick Thohir: FIFA Bisa Coret Stadion Piala Dunia U-20 Jika Daerah Tidak Siap

"Soal stadion itu harus memenuhi standar FIFA, termasuk keamanan. Jadi kalau dicoret ya perbaiki, atau cari opsi lain yang memenuhi standar FIFA agar penyelenggaraan U-20 sukses," kata Andreas saat dihubungi, Selasa (7/3).

Dikatakan politisi PDIP ini, pemerintah daerah harus kooperatif dalam membantu PSSI dalam memastikan fasilitas stadion yang akan dipakai untuk Piala Dunia U-20.

Hal itu perlu dilakukan secepatnya agar Indonesia sukses menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20. Selain itu, kata Andreas, Pemerintah Pusat juga harus memberikan dukungan penuh dengan pembiayaan untuk perbaikan stadion yang terancam dicoret.

Baca juga : Relawan Satset Dukung Erick Thohir Berlaga Di Pilpres 2024

"Mesti tanya pemerintah daerah punya uang nggak? Kalau gak, pemerintah pusat harus dukung, kalau tidak U-20 bisa gagal," ucapnya.

Andreas pun meminta Erick Thohir untuk objektif melihat kelayakan stadion tanpa melihat kedekatan pengelola stadion dengan PSSI.

"Intinya, PSSI sebagai pelaksana penyelenggaraan U-20 perlu objektif melihat dan melaksanakan sesuai dengan ketentuan yang berlaku," ungkapnya.

Baca juga : PSSI Gelar Sarasehan, Erick Thohir Mau Dengar Aspirasi Klub

"Jangan lagi ada KKN, karena kepentingan dari orang tertentu, sehingga apabila ada stadion yang tidak memenuhi persyaratan pun jangan dipaksakan untuk dijadikan stadion penyelenggaraan," sambung Andreas.

Komisi X DPR RI memberikan dukungan penuh kepada PSSI untuk mensukseskan penyelenggaraan Piala Dunia U-20 pada 11 Juni 2023 mendatang.

“Ini untuk sukses penyelenggaraan dan kepercayaan dunia persepakbolaan internasional kepada Indonesia,” tandasnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.