Dark/Light Mode

Gelar Sosialisasi Soal Konstruksi Bareng PT SIG

Melani Suharli: Infrastruktur Penopang Peradaban Sebuah Bangsa

Rabu, 12 April 2023 14:31 WIB
Anggota Komisi VI DPR Melani Leimena Suharli menggelar kegiatan sosialisasi BUMN bersama PT. Semen Indonesia Group (SIG). (Foto: Ist)
Anggota Komisi VI DPR Melani Leimena Suharli menggelar kegiatan sosialisasi BUMN bersama PT. Semen Indonesia Group (SIG). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Anggota Komisi VI DPR Melani Leimena Suharli kembali menggelar kegiatan sosialisasi BUMN. Kali ini, bertema "Sektor Konstruksi, Membangun Negeri Membangun Masyarakat”, dengan menggandeng PT. Semen Indonesia Group (SIG).

"Saya mengucapkan terima kasih kepada Kementerian BUMN, utamanya PT. Semen Indonesia Group yang telah memfasilitasi dan memberikan kesempatan kepada konstituen saya untuk mengenal lebih jauh tentang peran BUMN yang bergerak di bidang industri bahan bangunan," ujar Melani, di kawasan Melawai, Jakarta Selatan, Senin (10/4).

Melani menjelaskan, infrastruktur menjadi penopang peradaban suatu bangsa. Pembangunan infrastruktur sangat penting.

"Terlebih bagi Indonesia, negara kepulauan dengan kekhasan kondisi geografis di dalamnya," ungkap politisi Partai Demokrat ini.

Karena itu, lanjut Melani, pemerintah terus berupaya meningkatkan konektivitas antar kawasan serta berupaya melakukan pemerataan dengan memprioritaskan pembangunan di daerah dan desa.

Dengan mengusung peningkatan produktivitas untuk transformasi ekonomi menuju visi Indonesia Maju 2045, pembangunan infrastruktur menjadi salah satu fokus kebijakan dua prioritas yang berkaitan dengan infrastruktur di 2023.

Baca juga : Lestari: Film Nasional Bisa Dipakai Bangun Karakter Anak Bangsa

"Pertama, mempercepat penyelesaian pembangunan infrastruktur prioritas nasional. Kedua, mendorong pertumbuhan sentra-sentra ekonomi baru, termasuk Ibu Kota Nusantara atau IKN," tuturnya.

Selain Kementerian PUPR, instansi lain yang berperan penting dalam pembangunan infrastruktur adalah Kementerian BUMN. Sebagai perpanjangan tangan pemerintah, BUMN memiliki kemampuan strategis untuk mendukung perwujudan agenda pembangunan negara.

Salah satu BUMN yang bergerak di industri bahan bangunan, yaitu PT Semen Indonesia (Persero) Tbk atau SIG, merupakan produsen bahan bangunan terbesar di Indonesia dan bahkan Asia Tenggara.

"Total kapasitas produksinya mencapai 52,6 juta ton semen per tahun," terang Melani.

Dia kemudian menjelaskan, SIG adalah holding company yang memayungi enam anak usaha produsen semen. Yaitu, Semen Padang, Semen Gresik, Semen Tonasa, Solusi Bangun Indonesia, Semen Baturaja dan Thang Long Cement Company di Vietnam, terakhir bergabung dalam grup SIG pada penghujung tahun 2022 lalu.

SIG sebagai BUMN yang bergerak untuk industri bahan bangunan. Menjadi salah satu pihak yang berperan penting dan memiliki kemampuan strategis.

Baca juga : Kowarteg Indonesia Gelar Pemeriksaan Kesehatan Gratis

Dalam mendukung agenda pembangunan infrastruktur di Indonesia. Melalui produk-produknya, SIG mampu menjadi BUMN kelas dunia dan membangun Indonesia berkelanjutan yang aman dan ramah lingkungan.

Melani mengingatkan, pembangunan infrastruktur yang dicita-citakan pemerintah, tak hanya soal konstruksi. Namun juga, seberapa ideal sebuah konstruksi dapat bertahan dan bernilai tinggi dalam jangka panjang.

Terutama, dalam kondisi dunia yang tengah berjuang mempertahankan keberlanjutan karena dampak pemanasan global.

Sebagai BUMN, SIG memiliki tanggung jawab untuk mencari solusi.

"Gabungan kapabilitas teknologi, pengalaman, dan wawasan bertaraf internasional, membantu SIG menghadirkan sederet produk dan solusi untuk pembangunan yang ramah lingkungan," beber putri Pahlawan Nasional dr Johannes Leimena ini.

Baca juga : KLHK Gandeng PPLI Sosialisasi Pengelolaan Dan Pengangkutan Limbah B3

Diungkapkan Melani, produk semen kantong SIG telah tersertifikasi Green Label dari Green Product Council. SIG juga memiliki produk semen curah non OPC (ordinary Portland cement) yang ramah lingkungan karena rendah emisi karbon.

Tak hanya itu, SIG menawarkan beton jadi inovatif untuk beragam kebutuhan aplikasi.

"Sebut saja SpeedCrete, solusi perbaikan jalan hanya dalam beberapa jam di malam hari," terang anggota Parlemen tiga periode ini.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.