Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Sosialisasikan Program Revitalisasi Pasar Rakyat dan Gerai Maritim Kemendag

Melani Suharli: Semoga Berikan Solusi Bagi Hajat Hidup Masyarakat

Selasa, 28 Februari 2023 22:50 WIB
Anggota Komisi VI DPR Melani Leimena Suharli saat membuka kegiatan sosialisasi kebijakan sarana perdagangan dan logistik yang digelar Direktorat Sarana Perdagangan dan Logistik, Dirjen Perdagangan Dalam Negeri, Kementerian Perdagangan (Kemendag), di Florence Ballroom Hotel Amos Cozy, Melawai, Jakarta Selatan, Minggu (27/2). (Foto: Ist)
Anggota Komisi VI DPR Melani Leimena Suharli saat membuka kegiatan sosialisasi kebijakan sarana perdagangan dan logistik yang digelar Direktorat Sarana Perdagangan dan Logistik, Dirjen Perdagangan Dalam Negeri, Kementerian Perdagangan (Kemendag), di Florence Ballroom Hotel Amos Cozy, Melawai, Jakarta Selatan, Minggu (27/2). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Anggota Komisi VI DPR Melani Leimena Suharli terus mensosialisasikan program-program pemerintah kepada konstituennya.

Kali ini, politisi Partai Demokrat itu memfasilitasi sosialisasi kebijakan sarana perdagangan dan logistik yang digelar Direktorat Sarana Perdagangan dan Logistik, Dirjen Perdagangan Dalam Negeri, Kementerian Perdagangan (Kemendag), yang merupakan mitra kerja Komisi VI DPR.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Perdagangan yang telah memfasilitasi dan memberikan kesempatan kepada konstituen saya, diberikan pengetahuan tentang program-program kementerian," ujar Melani, di Florence Ballroom Hotel Amos Cozy, Melawai, Jakarta Selatan, Minggu (27/2).

Sosialisasi ini dihadiri berbagai tokoh masyarakat, pemuda, ibu majelis taklim, guru paud dan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) binaan Melani di Jakarta Pusat dan Selatan.

Hadir juga Kepala Pusat Kebijakan Perdagangan Domestik, Kementerian Perdagangan, R.R. Dyah Palupi, sebagai narasumber. Serta, anggota DPRD DKI Jakarta Ali Muhammad Johan.

Baca juga : Santri Dukung Ganjar Berikan Bantuan Material Dan Kasur

Melani menjelaskan, saat ini Kemendag melakukan pembangunan dan revitalisasi pasar rakyat dalam upaya meningkatkan kelancaran distribusi dan ketersediaan barang kebutuhan pokok dan barang penting.

Program ini termaktub dalam Undang-Undang No.7 Tahun 2014 tentang Perdagangan. Revitalisasi pasar rakyat, yang salah satunya adalah dengan digitalisasi pasar ini, bertujuan untuk meningkatkan citra pasar rakyat.

"Pembinaan terkait digitalisasi pasar rakyat ini secara fisik bertujuan mengubah citra pasar rakyat yang kumuh menjadi tertata rapi melalui pembangunan atau revitalisasi pasar rakyat," jelas putri Pahlawan Nasional Dr Johannes Leimena ini.

Tujuan lainnya, meningkatkan daya saing pasar rakyat terhadap pasar modern.

"Pembangunan atau revitalisasi ini mencegah pasar rakyat ditinggalkan pembelinya karena kalah saing dengan pasar modern yang tertata baik," ungkap Melani.

Baca juga : Sosialisasikan BUMN, Melani Suharli Beberkan Kontribusi Waskita Karya Dalam Pembangunan IKN

Sementara tujuan nonfisik, meningkatkan kapasitas SDM pengelola dan pedagang pasar melalui pelatihan manajemen pengelola pasar dan pelatihan pedagang pasar rakyat dan instrumen lainnya.

Juga, meningkatkan pelayanan pasar pada pembelinya sehingga pembeli senang berbelanja di pasar rakyat.

"Ini merupakan pekerjaan yang tidak mudah, semoga Direktorat Sarana Perdagangan dan Logistik mampu mewujudkannya, sehingga akan memberikan manfaat untuk masyarakat," harap Melani.

Selain revitalisasi pasar rakyat, Kemendag yang saat ini dipimpin Mendag Zulkifli Hasan, juga memiliki program Gerai Maritim.

Baca juga : Melani Suharli: Era Baru Transportasi Massal Modern Majukan Masyarakat Dan Tumbuhkan Perekonomian

Gerai Maritim adalah kegiatan untuk mendistribusikan barang, khususnya barang kebutuhan pokok dan barang penting ke daerah terpencil, terluar, tertinggal dan perbatasan, dengan tujuan menurunkan atau mengurangi disparitas harga.

Gerai Maritim ini sejalan dengan Program Penyelenggaraan Kewajiban Pelayanan Publik untuk angkutan barang (Tol Laut, Angkutan Barang Perintis dan Jembatan Udara) yang dituangkan dalam Perpres No. 27 Tahun 2021.

Tujuan Gerai Maritim adalah untuk meningkatkan kelancaran arus distribusi barang pokok dan penting.

Kemudian, meningkatkan ketersediaan barang pokok dan penting dan mengurangi disparitas harga barang pokok dan barang penting antar wilayah.

"Serta menjaga stabilitas harga, meningkatkan perdagangan antar pulau, dan menjaga integrasi pasar dalam negeri," ungkap anggota Parlemen tiga periode ini.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.