Dark/Light Mode

Pitaloka Foundation Gandeng IPB

Wukirsari, Kelurahan Perdana Di Yogyakarta Lakukan Data Desa Presisi

Minggu, 18 Juni 2023 15:41 WIB
Anggota Komisi VI DPR RI Rieke Diah Pitaloka menyerahkan hasil riset Data Desa Presisi (DDP) kepada Pemerintahan Kelurahan Wukirsari, Kapanewon Imogiri, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Minggu (18/6). (Foto: Istimewa)
Anggota Komisi VI DPR RI Rieke Diah Pitaloka menyerahkan hasil riset Data Desa Presisi (DDP) kepada Pemerintahan Kelurahan Wukirsari, Kapanewon Imogiri, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Minggu (18/6). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Anggota Komisi VI DPR RI Rieke Diah Pitaloka menyerahkan hasil riset Data Desa Presisi (DDP) kepada Pemerintahan Kelurahan Wukirsari, Kapanewon Imogiri, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Hasil riset dan survei ini berbasis pendekatan partisipatif, dan didukung teknologi digital yang dilakukan oleh tim peneliti Fakultas Ekologi Manusia (FEMA) Institut Pertanian Bogor (IPB), sejak Maret hingga Juni 2023.

Rieke mengatakan, ini merupakan upaya untuk menghadirkan data desa secara akurat, terintegrasi, dapat divalidasi, dan disinyalir sangat tepat menjadi basis utama dari kebijakan pembangunan desa.

Baca juga : Srikandi Ganjar Jateng Gelar Pelatihan Kerajinan Tangan Dari Stik Es Krim

"Kami melakukan penelitian seperti ini di seluruh Indonesia. Dan Wukirsari adalah kelurahan pertama di DIY yang mendapatkan kesempatan pendataan desa presisi," kata Rieke, dalam keterangan persnya, Minggu, (18/6).

Penyerahan simbolik hasil riset dan survei DDP itu bertepatan dengan perayaan hari ulang tahun Kalurahan Wukirsari ke-75.

Acara ini dihadiri oleh Bupati Kabupaten Bantul H Abdul Halim Muslih, Ketua DPRD Kabupaten Bantul Hanung Raharjo, dan Anggota Komisi VIII DPR RI, My Esti Wijayati.

Baca juga : KPK Buka Penyelidikan Dugaan Korupsi Eks Kepala Bea Cukai Yogyakarta Eko Darmanto

Dikatakan, dia telah melakukan pendampingan terhadap sumber daya desa untuk memproduksi datanya sendiri.

"Dengan menerbangkan drone adalah anak-anak Desa Wukirsari, dan semoga tidak berhenti di data. Lima bidang kesejahteraan rakyat sebagai tujuan utama dari dengan program-program pembangunan Kalurahan Wukirsari hanya dapat dicapai dengan data yang akurat dan presisi, hingga anggaran desa yang triliunan rupiah itu menjadi tepat sasaran," ungkap Rieke.

Penyerahan hasil survei dan riset DDP tersebut diterima oleh Lurah Wukirsari, Susilo Hapsoro, yang disertai dengan penandatanganan MoU antara Yayasan Pitaloka dengan Pemerintahan Kaluharan Wukirsari Kapanewon Imogiri Kabupaten Bantul, DIY. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.