Dark/Light Mode

Gandeng Home Credit, Superbank Perluas Jangkauan Dan Distribusikan Pinjaman Multiguna

Senin, 22 Mei 2023 22:04 WIB
Penandatangan kerja sama Superbank dan Home Credit dalam mendistribusikan pinjaman, di Jakarta, Senin (22/5). (Foto: Dok. Superbank)
Penandatangan kerja sama Superbank dan Home Credit dalam mendistribusikan pinjaman, di Jakarta, Senin (22/5). (Foto: Dok. Superbank)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Super Bank Indonesia (Superbank) mengumumkan kemitraan strategis dengan PT Home Credit Indonesia (Home Credit) untuk memperluas akses pembiayaan inklusif bagi masyarakat  di Indonesia.

Melalui kerja sama ini, Superbank akan memberikan pinjaman modal kerja kepada Home Credit, yang akan didistribusikan sebagai pinjaman multiguna kepada masyarakat yang membutuhkan.

"Sebagai bank dengan layanan berbasis digital yang didukung salah satu ekosistem terluas di Asia Tenggara, kami percaya pada kekuatan digitalisasi untuk memperluas akses ke layanan keuangan yang aman dan terpercaya serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat," ujar Chief Business Officer Superbank, Sukiwan dalam keterangannya, Senin (22/5).

Sukiwan menambahkan, Kemitraan kami dengan Home Credit merupakan perwujudan dari komitmen tersebut. Bersama Home Credit, kami percaya dapat menghadirkan solusi finansial bagi komunitas underbanked di seluruh Indonesia."ujarnya.

Baca juga : Gandeng Digiasia, Bank DKI Perluas Akses Pendanaan Digital Kredit

Kemitraan ini adalah respons terhadap meningkatnya minat masyarakat untuk menggunakan jasa perusahaan pembiayaan seperti Home Credit untuk memenuhi berbagai kebutuhan mereka.

Data Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menunjukkan aktivitas sektor pembiayaan terus memperlihatkan tren pertumbuhan dan memiliki kualitas pembiayaan yang baik.

Nilai outstanding piutang pembiayaan tumbuh 12,17 persen (year-on-year) menjadi sebesar Rp402,6 triliun, sementara rasio Non Performing Financing (NPF) turun menjadi 2,54 persen.

Performa pembiayaan yang tumbuh sejalan dengan temuan dari survei yang dilakukan oleh Home Credit pada Februari 2023, didorong oleh preferensi masyarakat dalam mengelola arus kas keuangan pribadi dan menyimpan uang tunai untuk dana darurat atau tabungan.

Baca juga : Perintangan Penyidikan Pengacara Lukas Enembe: Pengaruhi Saksi Agar Tak Penuhi Panggilan Dan Kembalikan Uang Korupsi

"Home Credit memiliki komitmen yang sama dengan Superbank untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan membuka berbagai kesempatan dalam hidup mereka melalui solusi pembiayaan yang transparan dan proses yang cepat," ujar Direktur Home Credit Indonesia, Volker Glebitz.

Menurutnya, Home Credit telah membantu sekitar 6 juta pelanggan di lebih dari 200 kota di Indonesia untuk memenuhi kebutuhan mereka sehari-hari.

"Sepanjang tahun 2022, kami telah menjangkau first-time borrowers di rata-rata 32 persen per bulan," ujar Volker Glebitz.

Menurutnya kerja sama dengan Superbank, dapat membantu dan memperluas jangkauan layanan, salah satunya untuk pembiayaan multiguna bagi para pelanggan existing.

Baca juga : Mak Ganjar Gelar Pelatihan Pembuatan Roti Boy Di Jakarta Pusat

"Kemitraan antara Superbank dan Home Credit diharapkan dapat meningkatkan peningkatan kesejahteraan masyarakat serta pemerataan ekonomi di seluruh penjuru Indonesia," pungkas Sukiwan. â– 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.