Dark/Light Mode

Jadi Pengawas Haji, Paramitha Keliling Hotel Jemaah Di Misfalah

Minggu, 25 Juni 2023 23:49 WIB
Anggota Fraksi PDIP DPR Paramitha Widya Kusuma berkerudung tosca melakukan monitoring ke sejumlah hotel tempat menginap jemaah haji Indonesia, di Kawasan Misfalah, Makkah. (Foto: Istimewa)
Anggota Fraksi PDIP DPR Paramitha Widya Kusuma berkerudung tosca melakukan monitoring ke sejumlah hotel tempat menginap jemaah haji Indonesia, di Kawasan Misfalah, Makkah. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Anggota Fraksi PDIP DPR Paramitha Widya Kusuma tengah berada di Tanah Suci untuk menjalankan tugas sebagai Pengawas Haji 2023. Paramitha tiba di Makkah Kamis sore (22/6) waktu setempat. Sehari setelah kedatangan, Anggota Komisi VII DPR ini langsung menjalankan tugas dengan melakukan monitoring ke sejumlah hotel di kawasan Misfalah, Makkah, Jumat pagi (23/6).

Pada pukul 7.00 pagi waktu setempat, perempuan yang akrab disapa Mbak Mitha ini melakukan monitoring di Hotel Jawahirul Bait Nomor 1013, yang ditempati jemaah hasil asal Magelang, Kebumen, Brebes, Kota Tegal, serta kabupaten lain yang masuk dalam kloter sapu jagat 95 SOC.

Paramitha menilai, kondisi hotel dengan status bintang 3 cukup representatif. “Kamar bagus, nyaman, dan tidak jauh dari Masjidil Haram. Namun ada beberapa fasilitas yang sering terabaikan, yaitu sprei bed yang tidak diganti secara rutin. Padahal banyak yang sudah kotor dan tentu kurang bagus untuk kesehatan,” ucapnya, seperti keterangan yang diterima Rakyat Merdeka, kemarin.

Baca juga : Bawaslu Gandeng 76 Lembaga Pemantau

Legislator asal Brebes ini melanjutkan, kendala utama pada permohonan fasilitas adalah faktor komunikasi. Banyak jemaah dan petugas kloter tidak bisa berbahasa Arab. Sehingga bingung ketika akan meminta sesuatu pada pihak hotel.

“Salah satu solusi adalah mengkonfirmasikannya kepada pihak sektor yang memiliki tenaga berbahasa Arab. Namun, itu pun berdampak pada durasi waktu yang sering kali menjadi panjang,” terangnya.

Untuk layanan konsumsi, Paramitha melihat sudah bagus. Sehari jemaah mendapat jatah makan tiga kali. Hanya saja, untuk lauknya banyak dinilai oleh jemaah kurang bervariasi, terutama sayur-sayuran yang sangat jarang.

Baca juga : Ini Sebaran 108 Hotel Jemaah Haji Indonesia Di Makkah

“Padahal itu penting sekali untuk penyeimbang gizi dan pencernaan. Justru sebagai gantinya disuguhkan ayam dan daging. Sehingga banyak jemaah yang terpicu mengalami hipertensi,” terangnya.

Di sektor transportasi, Paramitha memberikan apresiasi kepada Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi yang telah menyediakan Bus Shalawat tujuan Masjidil Haram 24 jam. "Untuk Bus Shalawat luar biasa, bagus-bagus dan nyaman. Ditambah pada setiap halte ada petugas dengan seragam khusus yang mengarahkan jemaah untuk menaikinya. Hal ini tentu menjadikan penumpang lebih nyaman, terutama lansia yang masih suka kebingungan," pujinya.

Pada hotel ini, Paramitha berkesempatan menyapa jamaah haji asal Brebes yang terbagi dalam 4 kloter, yaitu 31 SOC gabungan bersama Kebumen, 32, 33 full Brebes, dan 34 SOC gabungan dengan Kota Tegal.

Baca juga : Hadir Di Surabaya, Sinema Keliling Dongkrak Perfilman Lokal

Warga Brebes di Makkah begitu antusias menyambut kedatangan Paramitha. Di antaranya ada perawat asal Brebes yang sudah dua tahun bekerja di RS An Nur Makkah, langsung menuju Hotel 1013 ketika mendengar kedatangan Paramitha.

Selain Hotel 1013, Paramitha juga mendatangi Hotel 1009 yang ditempati jamaah asal Kabupaten Kendal dan Semarang. Hotel ini juga berada di kawasan Misfalah, tidak jauh dari hotel sebelumnya. Temuan yang hampir sama didapatkan Paramitha. "Secara umum pelayanan terhadap jemaah haji Indonesia, dalam semua sektor kami nilai memuaskan," pujinya.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.