Dark/Light Mode

Gobel Luncurkan Buku Ketiga Sebagai Anggota DPR, Gambar Besarnya Visi 2051

Selasa, 27 Juni 2023 11:14 WIB
Wakil Ketua DPR Rachmat Gobel (Foto: Instagram @rachmatgobel_rg)
Wakil Ketua DPR Rachmat Gobel (Foto: Instagram @rachmatgobel_rg)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Ketua DPR Bidang Koordinator, Industri, dan Pembangunan (Korinbang) Rachmat Gobel meluncurkan buku ketiga selaku anggota DPR di Grand Palace, Kota Gorontalo.

Buku setebal 415 halaman yang berjudul "Restorasi untuk Kesejahteraan dan Martabat Bangsa; Kiprah Tahun ke-3 Kinerja Wakil DPR RI/Korinbang" itu terbagi ke dalam 11 bab. 

Seperti halnya buku pertama dan kedua, buku ketiga ini berisi laporan kinerja Rachmat Gobel selaku anggota dan Wakil Ketua DPR.

Buku yang melaporkan kegiatan Gobel selama tahun 2022 itu dibahas  Dr Lukman AR Laliyo (Dosen Universitas Negeri Gorontalo/UNG), Dr Sofyan Abdullah (Rektor Universitas Gorontalo/UG), Dr Basri Amin (Dosen UNG), Alim S Niode (Sekretaris Dewan Adat Gorontalo, Dosen UNG), Dr Zulkarnain Suleman (Rektor IAIN Sultan Amai), dan KH Drs Abdul Rasyid Kamaru (Imam Besar Masjid Baiturrahim Kota Gorontalo).

Staf Khusus Gobel di DPR, Nining Indra Saleh mengatakan, politisi NasDem itu adalah anggota DPR yang sangat aktif dan mengikuti ketentuan perundangan, untuk selalu menemui pemilihnya dalam kunjungan dapil dan kunjungan reses.

“Hingga Juni 2023, Gobel sudah 51 kali menemui konstituen di 398 lokasi. Ini suatu rekor tersendiri. Dalam setiap kunjungan, Bapak Gobel menyerap aspirasi, melakukan sosialisasi, dan juga mewujudkan aspirasi ke masyarakat,” kata Nining.

Baca juga : Ganjar Dorong Terwujudnya Indonesia Emas 2045

Dalam tiga tahun tersebut, Gobel telah membangun ribuan rumah melalui program bantuan stimulan pembangunan perumahan, memperbaiki lingkungan kota, membangun saluran irigasi, membangun kawasan wisata, dan membagikan bibit padi dan jagung.

Di samping membagikan bantuan ratusan ton beras, membagikan ratusan ton pupuk, membagikan ratusan traktor pertanian, membangun dua pabrik penggilingan beras, membangun PAUD berstandar internasional, dan sebagainya.

“Ada yang dari uang pribadi, ada yang dari dana APBN, ada yang dari dana CSR, dan ada yang dari program pemerintah,” beber Nining.

Rustam Akili, yang juga staf khusus Gobel di DPR mengatakan, wakil ketua DPR itu memiliki motto politik pembangunan dan politik kesejahteraan. Sesuai kondisi Gorontalo, yang merupakan provinsi paling miskin nomor lima di Indonesia.

Karena itu, program Gobel berfokus pada pembangunan pertanian dan perikanan, UMKM, sumberdaya manusia, dan koperasi.

“Gambar besarnya adalah visi 2051, dengan lokomotif pengembangan pelabuhan internasional di Anggrek, dan pembangunan kawasan ekonomi khusus pangan. Investasinya sekitar Rp 1,4 triliun dan akan menyerap 100 ribu tenaga kerja dalam 30 tahun,” papar Rustam.

Baca juga : STT GDC Resmi Luncurkan Pusat Data STT Jakarta 1 Di Indonesia

Lukman dan Basri, juga memberikan perhatian khusus terhadap visi 2051.

Visi 2051 memberikan gambaran yang jelas tentang masa depan Gorontalo. Pengembangan Pelabuhan Anggrek, akan memiliki dampak yang luar biasa,” kata Lukman.

Menurutnya, buku tersebut mengulas sosok Gobel secara lengkap. Ada data, fakta, gagasan, analisis, visi, dan cita-cita.

Sementara Basri menggambarkan, visi 2051 mengkoneksikan situasi masa kini ke masa depan. Di mata dia, Rachmat Gobel orang yang otentik dan logis.

"Buku ini sebaiknya dibagikan ke para mahasiswa dan generasi muda Gorontalo, agar mereka memiliki harapan yang jelas tentang masa depannya. Orang bertanya, kenapa Gorontalo memiliki orang-orang besar seperti Habibie, Badudu, Katili, dan sebagainya, tetapi tetap miskin. Buku ini diharapkan bisa menjawabnya," papar Basri.

Sementara Sofyan Abdullah mengatakan, buku ini sangat inspiratif dan patut dibaca. Memberikan gambaran dan tantang dunia pertanian, ketahanan pangan, perubahan iklim, dan sebagainya.

Baca juga : Kecelakaan Bus Tamu Pengantin Renggut 10 Nyawa, PM Australia Berduka Cita

Tentang bagaimana pembangunan pertanian, perikanan, UMKM akan menyejahterakan rakyat Gorontalo.

Zulkarnain Suleman berpendapat, buku ini adalah bukti tunainya amanah dan tanggung jawab. Juga memberikan gambaran seorang Rachmat Gobel, sebagai orang yang cerdas dan cakap dalam bekerja.

Buku ini juga mencontohkan tentang model dan pola kerja.

Lain lagi dengan KH Rasyid Kamaru. Menurutnya, semua hal diperhatikan oleh Rachmat Gobel. Mulai dari soal kain karawo hingga soal banjir. Juga soal anyaman tikar dan gula aren. Soal bahasa daerah, juga tak kalah penting.

Sedangkan Alim S Niode mengatakan, Rachmat Gobel seorang yang cermat dalam bekerja.

"Semua gagasan dan programnya diterjemahkan dari konsep restorasi," ucapnya. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.