Dark/Light Mode

PAN Minta Pemprov DKI Gerak Cepat Perbaiki Kualitas Udara Jakarta

Senin, 14 Agustus 2023 17:04 WIB
Warga berolahraga saat car free day di kawasan bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Minggu (13/8). Warga tetap menikmati hari bebas kendaraan bermotor walaupun kualitas udara ibukota tidak sehat atau polusi udara disebabkan musim kemarau. (Foto: Dwi Pambudo/RM)
Warga berolahraga saat car free day di kawasan bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Minggu (13/8). Warga tetap menikmati hari bebas kendaraan bermotor walaupun kualitas udara ibukota tidak sehat atau polusi udara disebabkan musim kemarau. (Foto: Dwi Pambudo/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Juru Bicara PAN, Valeryan Bramasta mendorong Pemerintah Pusat bersama Pemerintah Provinsi DKI Jakarta agar cepat dan tanggap menyelesaikan masalah kualitas udara yang belakangan ini terus memburuk. 

"Jangan sampai kejadian ini terus menerus merugikan masyarakat, baik dari segi kesehatan sampai materi nantinya," kata Valeryan Bramasta dalam keterangannya yang diterima RM.id, Senin (14/8).

Baca juga : Presiden Berikan Empat Arahan Terkait Penanganan Kualitas Udara

Tidak hanya itu, Valeryan juga meminta Pemprov DKI khususnya, harus mendengar dan tanggap atas apa yang dikeluhkan masyarakat Ibu Kota. 

“Pemerintah DKI baik yang di eksekutif maupun legislatif harus gerak cepat bekerja mencari solusi atas masalah yang ada. Mendapatkan kualitas udara yang bersih adalah hak," cetus politisi yang akrab disapa Valen itu. 

Baca juga : Cara Wong Kito Ganjar Lestarikan Pempek Sebagai Kuliner Khas Daerah Palembang

Jangan doyan urus proyek yang tidak penting atau sibuk memoles media sosial karena pencitraan. Yang dibutuhkan masyarakat Jakarta saat ini adalah kerja nyata. 

“Saya tidak ingin karena lambatnya penyelesaian masalah kualitas udara, yang terjadi adalah kerugian bagi masyarakat nantinya. Apalagi ini menyangkut hajat hidup orang banyak dan kesehatan masyarakat," tutup bakal Caleg DPR itu. 

Baca juga : PBLN Minta Pemerintah Kaji Larangan Tangkap Benur

Diketahui, kualitas udara di Ibu Kota Jakarta kembali masuk sebagai kota dengan udara terburuk di dunia. Berdasarkan data situs pemantau kualitas udara IQAir pada Senin (14/8) pagi, indeks kualitas udara (AQI) di Jakarta berada di angka 105, atau masuk dalam kategori tidak sehat dengan polusi udara PM2.5.

Dengan demikian, kualitas udara dengan waktu terkini tersebut mencatatkan Jakarta sebagai salah satu kota dengan udara terburuk di dunia.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.