Dark/Light Mode

Bamsoet Apresiasi Eksistensi Galeri MURI Jaya Suprana

Rabu, 30 Agustus 2023 22:52 WIB
Ketua MPR Bambang Soesatyo (Foto: Dok. MPR)
Ketua MPR Bambang Soesatyo (Foto: Dok. MPR)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengapresiasi konsistensi pengusaha sekaligus budayawan Jaya Suprana dalam mendirikan dan memajukan MURI. Sejak berdiri pada 27 Januari 1990 di kawasan perindustrian Jamu Jago, Srondol, Semarang Selatan, hingga kini MURI telah mencatat puluhan ribu rekor dunia yang dipecahkan anak bangsa. Dari sekian banyak rekor tersebut, Bamsoet turut menyumbang beberapa rekor.

Rekor MURI Bamsoet antara lain Ketua DPR sekaligus Ketua MPR Penulis Buku Terbanyak dengan total 31 Judul Buku (2023), Ketua DPR sekaligus Ketua MPR yang Merespons Masalah Kenegaraan Aktual Setiap Hari Secara Berkesinambungan (2023), Penyelenggaraan Sosialisasi Empat Pilar MPR dengan Peserta Kepala Desa, Badan Permusyawaratan Desa dan Perangkat Desa Terbanyak (2023), Sosialisasi Empat Pilar MPR kepada Anggota Komunitas Motor Terbanyak (2020), Sosialisasi Empat Pilar MPR di Kejuaraan Tembak Nasional Legislator Championship dengan Penembak Terbanyak (2020), serta Penyelenggara Turnamen Catur dengan Peserta Master Terbanyak (2019).

Baca juga : BPJamsostek Menara Panggil 209 Perusahaan Mandek Bayar Iuran

"Untuk melihat berbagai rekor kebanggaan yang telah dipecahkan anak bangsa, masyarakat bisa mengunjungi dua Galeri MURI. Yakni Galeri MURI Jakarta di Lower Ground Mall of Indonesia, serta Galeri MURI Semarang di Jalan Perintis Kemerdekaan 275. Dari Galeri MURI kita bisa melihat betapa hebatnya anak bangsa dalam memecahkan berbagai Rekor Dunia,” ujar Bamsoet, usai menerima dua penghargaan Rekor MURI sekaligus mengunjungi Galeri MURI, di Mall Of Indonesia, Jakarta, Rabu (30/8).

Di Galeri MURI Jakarta, lanjut Bamsoet, pengunjung juga bisa melihat berbagai prestasi yang ditorehkan para Presiden RI dari masa ke masa. Termasuk juga terdapat Teater OSO, tempat diskusi serta menyaksikan berbagai pemutaran video seputar MURI yang dipersembahkan pengusaha nasional sekaligus tokoh bangsa, Oesman Sapta Odang

Baca juga : Bamsoet Apresiasi Dukungan Walkot Madiun pada Jambore Nasional IMI 2023

Ketua DPR ke-20 ini menjelaskan, rekor yang tercatat di MURI terbagi dalam beberapa kategori. Yakni, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, Kesehatan dan Olahraga, Ekonomi dan Industri, Kemanusiaan dan Lingkungan Hidup, Seni dan Budaya, Perintis dan Penemuan serta Ketatanegaraan. Hingga kini tercatat sudah puluhan ribu rekor yang tercatat MURI.

"Sebagaimana diungkapkan pendiri MURI Jaya Suprana, dibalik setiap rekor MURI, tersirat kisah perjuangan manusia menciptakan karsa dan karya terbaik di bidang kemampuan masing-masing. Tidak berlebihan jika kita menjadikan MURI sebagai lokomotif dalam mengobarkan semangat, kreativitas dan kebanggaan nasional," jelas Bamsoet.

Baca juga : Masyarakat Palue Apresiasi Kepedulian Kapolri Gelar Bakti Kesehatan

Wakil Ketua Umum Pemuda Partai Golkar ini menerangkan, keberadaan Galeri MURI juga didukung digitalisasi melalui teknologi augmented reality (AR) dan virtual reality (VR). Sehingga menepis stereotip museum yang kerap dikaitkan dengan tempat untuk memajang foto atau barang-barang lawas.

"Keberadaan Galeri MURI dengan berbagai koleksi rekor yang dicatatkannya telah memperkuat akar sejarah bangsa. Dengan tampilan yang menarik, fresh, dan kekinian, serta lokasinya yang berada di dalam mall, semakin menjadi daya tarik bagi pengunjung untuk berkunjung. Sehingga pada akhirnya kita bisa bangga terhadap prestasi anak bangsa, sekaligus memberikan inspirasi bagi kita semua," pungkas Bamsoet.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.