Dark/Light Mode

2 Mahasiswa Kendari Tewas Berdemo, Ketua MPR Sampaikan Ucapan Belasungkawa

Jumat, 27 September 2019 14:04 WIB
Ketua MPR Zulkifli Hasan (Foto: Shahih Qardhavi/RM)
Ketua MPR Zulkifli Hasan (Foto: Shahih Qardhavi/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Atas nama Pimpinan dan Anggota MPR, Ketua MPR Zulkifli Hasan atau Zulhas menyampaikan ucapan belasungkawa atas meninggalnya dua mahasiswa Universitas Halu Oleo, Kendari dalam aksi demo di depan Gedung DPRD Sulawesi Tenggara, Kamis (26/9).

"Izinkan kami, pimpinan dan anggota MPR menyampaikan duka cita yang mendalam atas meninggalnya adik-adik mahasiswa. Yusuf Kardawi (19 tahun) di Rumah Sakit Bhayangkara Kendari pada Jumat (27/9) pagi ini, dan Himawan Randi (21 tahun) pada Kamis (16/9). Keduanya adalah mahasiswa Universitas Halo Oleo," kata Zulhas, saat membuka Sidang Paripurna Akhi Masa Jabatan MPR RI periode 2014-2019, di KomplekvParlemen Senayan, Jakarta, Jumat (27/9).

Baca juga : Dua Mahasiswa Meninggal di Kendari, Jokowi Ucapkan Belasungkawa

"Kami berharap, peristiwa ini tidak terjadi lagi. Kami tentu mengapresiasi adik-adik mahasiswa, adik-adik pelajar yang menyampaikan aspirasinya. Tapi kami minta, tidak anarkis. Kita percaya, pemerintahan Presidan Jokowi dan DPR akan merespons secara positif apa yang disampaikan adik-adik kita itu," tuturnya.

Zulhas juga mengungkapkan keprihatinannya terhadap banyaknya petugas Kepolisian yang cedera, saat menjaga aksi demo.

Baca juga : Aspirasi Mahasiswa Sebaiknya Disampaikan Tanpa Merusak

"Kami harap, adik-adik mahasiswa dan polisi dapat sama-sama menahan diri untuk tidak melakukan tindak kekerasan. Mari kita sama-sama menjaga situasi yang tertib," imbuhnya.

Zulhas mengaku sudah menyampaikan pesan kepada Ketua DPR Bambang Soesatyo, agar DPR menunda pemberlakukan RUU yang akan disahkan, guna meredam kegaduhan di ruang publik.

Baca juga : Selain Mahasiswa, Ketua DPR juga Jenguk Aparat Kepolisian Korban Kerusuhan Aksi Unjuk Rasa

"Dalam rapat paripurna, Rabu (25/9) kemarin, DPR sudah menunda persetujuan empat RUU untuk merespons positif aspirasi dari mahasiswa dan publik," terangnya. [QAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.