Dark/Light Mode

Marak Kasus Kekerasan Pada Anak Di Sekolah

Dunia Pendidikan Kita Sudah Darurat Bullying

Senin, 9 Oktober 2023 07:10 WIB
Anggota Komisi X DPR Mustafa Kamal. (Foto: dok. PKS)
Anggota Komisi X DPR Mustafa Kamal. (Foto: dok. PKS)

 Sebelumnya 
Hal senada dilontarkan anggota Komisi X DPR Mu­hammad Nur Purnamasidi. Menurutnya, tingginya kasus perundungan anak di lingkungan sekolah menunjukkan penerapan Kurikulum Merdeka belum sepenuhnya efektif. Untuk itu, dia meminta Kemendikbudristek segera mencari solusi untuk per­masalahan tersebut.

Purnamasidi mengaku sangat prihatin dengan fenomena maraknya kasus perundungan ini. Padahal basis tujuan dari Kurikulum Merdeka ini adalah membangun dan mewujudkan insan Pancasilais, pelajar Pan­casila. Namun bila merujuk fenomena yang terjadi, malah tak menghasilkan pelajar yang menganut prinsip Pancasila.“Ini satu anomali dari cita-cita untuk mewujudkan pelajar Pancasila dengan perilaku yang sangat tidak pancasilais,” tambahnya.

Baca juga : Syahrul Limpo Dikabarkan Jadi Tersangka

Sementara anggota Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Aries Adi Leksono meni­lai, Indonesia sedang mengalami darurat kekerasan terhadap anak, khususnya di dunia pendidikan. Hal ini ditandai dengan maraknya perundungan dan kekerasan pada lingkungan satuan pendidi­kan di beberapa daerah, di antaranya Jakarta, Cilacap, Demak, Gresik, Lamongan, Balikpapan dan berbagai daerah lainnya.

Menurut Aries, fenomena kasus perundungan ini seperti gunung es karena hanya kasus yang viral saja yang menjadi sorotan. “Yang lain masih belum terungkap, satu kasus tertangani, kasus lain lebih banyak lagi yang terabaikan,” papar Aries.

Baca juga : Dede Yusuf: Hadirkan Kembali Pendidikan Moral

Aries mengatakan, data KPAI hingga Agustus 2023 mencatat setidaknya terdapat 810 kasus kekerasan anak di lingkungan sekolah dan lingkungan sosial. Jumlah tersebut cenderung naik setiap bulan, sehingga perlu menjadi perhatian bersama untuk menekan penurunan angka kekerasan anak, khususnya di satuan pendidikan.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Senin 9/10/2023 dengan judul Marak Kasus Kekerasan Pada Anak Di Sekolah, Dunia Pendidikan Kita Sudah Darurat Bullying

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.