Dark/Light Mode

Hari Ini Pelantikan Wakil Rakyat

Wakil Yang Aman (AH) Rakyat Yang Aman, Amiin...

Selasa, 1 Oktober 2019 06:38 WIB
Anggota DPR bersalaman dengan Pimpinan DPR, Bambang Soesatyo Cs usai Sidang Paripurna terakhir DPR Periode 2014-2019 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (30/9). (Foto: Rizki Syahputra/RM)
Anggota DPR bersalaman dengan Pimpinan DPR, Bambang Soesatyo Cs usai Sidang Paripurna terakhir DPR Periode 2014-2019 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (30/9). (Foto: Rizki Syahputra/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pelantikan anggota DPR, MPR, dan DPD digelar hari ini. Masyarakat berharap, para wakil rakyat ini amanah. Sehingga rakyat, jadi aman. Amin.

Sekjen DPR Indra Iskandar mengungkapkan, pelantikan anggota DPR 2019-2024 akan selesai sebelum pukul 12.00 WIB. “Besok (hari ini, Red) rangkaian pelantikan DPR, DPD dan MPR di jadwal selesai pukul 11.40 WIB. Setelah itu, kami break makan siang. Habis itu, masuk lagi untuk pembahasan di fraksi masing-masing terhadap agenda yang sudah kami susun, persiapan ketua dan pimpinan DPR,” beber Indra, di Ruang Rapat Paripurna I, Gedung DPR, kemarin.

Setelah pelantikan, akan digelar Rapat Badan Musyawarah (Bamus) sekitar pukul 14.00 WIB, untuk membahas agenda sidang. “Pimpinan termuda dan tertua akan pimpin rapat Bamus,” imbuhnya.

Jika sore sudah disepakati dan ditetapkan, pelantikan pimpinan DPR bakal digelar malam ini juga. “Kalau terlalu lelah, besok paginya, tanggal 2 (Oktober),” bebernya.

Baca juga : Menhan Ingatkan Akmil Soal Ancaman Radikalisme

Indra bilang, panitia sudah mengantisipasi kemungkinan unjuk rasa pada saat pelantikan. Untuk mengantisipasi hal itu, pihak panitia akan memberangkatkan para anggota DPR terpilih pagi hari.

“Jadi semua pagi, pukul 07.00 WIB sudah berangkat dari titik-titik penginapan semua. Nanti, sarapan dan sebagainya akan kami atur di sini. Di Kompleks Parlemen, bukan di hotel. Tapi, acara semua tetap sesuai jadwal. Mulai pukul 10.00 WIB, setelah kedatangan Bapak Presiden dan Wapres,” ungkap Indra.

Gara-gara demo juga, gladi resik pelantikan anggota DPR, MPR, dan DPD semalam hanya diikuti dua orang. Keduanya adalah anggota tertua dan termuda, yakni Abdul Wahab Dalimunthe (80 tahun) dari Partai Demokrat dan Hillary Brigitta Lasut (23) dari Partai Nasdem.

Mereka diharuskan mengikuti gladi resik lantaran akan menjadi Pimpinan Sidang Pertama DPR hari ini.

Baca juga : Kursus Pembuatan Wayang dan Latihan Gamelan Diminati Warga Paris

Indra membenarkan, anggota lainnya diminta tak usah mengikuti gladi resik dengan alasan keamanan. “Itu (keamanan) juga salah satu pertimbangan. Kami sepakati, setelah koordinasi keamanan tadi pagi, buat gladi sore ini tidak melibatkan anggota supaya lebih efektif dan efisien waktunya,” ungkap Indra di DPR, kemarin.

“Kalau kami nanti gladi menunggu 575 anggota DPR plus DPD, waktunya berlarut-larut,” imbuhnya.

Panglima TNI Marsekal, Hadi Tjahjanto merinci, korps baju loreng mengerahkan 6.000personel untuk mengamankan pelantikan anggota DPR, serta Presiden-Wakil presiden periode 2019-2024, Joko Widodo- Ma’ruf Amin. “Kemarin kami turunkan 3 ribu, ini kita kerahkan 6 ribu,” ujar Hadi di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, kemarin.

Personel TNI yang diterjunkan, akan diprioritaskan untuk menjaga gedung DPR-MPR dan Istana Negara.

Baca juga : Hari Pelanggan Nasional, Pertamina Bagi-bagi Lamborghini dan Link Aja

Guru Besar Politik UI Prof Budyatna berharap, para wakil rakyat ini amanah dalam mewakili aspirasi rakyat. Dengan begitu, rakyat tidak perlu lagi berdemo karena aspirasinya sudah tersalurkan dan didengar.

“Mudah-mudahan wakil rakyatnya amanah, jalankan aspirasi rakyat. Maka tak ada demo. Rakyat pun jadi aman juga. Amin,” harap Budyatna. [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.