Dark/Light Mode

Pemilihan Ketua MPR: Bamsoet 9, Muzani 1

Kamis, 3 Oktober 2019 21:04 WIB
Gedung MPR/DPR (Foto: Antara)
Gedung MPR/DPR (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemilihan Ketua MPR periode 2019-2024 sedang berlangsung di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, malam ini (Kamis, 3/10). Ada dua calon yang bertarung. Yaitu Bambang Soesatya dari Partai Golkar dan Ahmad Muzani dari Partai Gerindra.

Baca juga : Banteng Dikawal Banteng

Dilihat dari petanya, kekuatannya sangat timpang. Sampai sore tadi, Bamsoet, sapaan Bambang Soesatyo, didukung oleh 8 fraksi dan 1 kelompok DPD. Totalnya berarti 9. Sedangkan Muzani hanya didukung oleh 1 fraksi, yaitu Gerindra. Dengan demikian, kekutannya 9:1.

Baca juga : Pemilihan Ketua MPR, Zulkifli Yakin Bisa Lewat Musyawarah Mufakat

Namun begitu, Muzani keukeuh ingin maju. Atas sikap ini, pemilihan Ketua MPR tidak bisa dilakukan secara musyawarah mufakat. Pemilihan harus dilakukan secara voting.

Baca juga : Pemilihan Anggota BPK Diundur Pekan Depan

Sebelum ini, Sidang Paripurna MPR sudah mengesahkan 10 pimpinan. Mereka adalah Ahmad Basarah (PDIP), Bambang Soesatyo (Golkar), Ahmad Muzani (Gerindra), Lestari Moerdijat (Nasdem), Jazilul Fawaid (PKB), Syarief Hasan (Demokrat), Hidayat Nur Wahid (PKS), Zulkifli Hasan (PAN), Arsul Sani (PPP), Fadel Muhammad (Kelompok DPD). [QAR]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.