Dark/Light Mode

Kunjungi Pj Gubernur Sumut, Fadel Bahas Pertanian Dan Ketahanan Pangan

Selasa, 14 November 2023 19:52 WIB
Wakil Ketua MPR RI Prof. Fadel Muhammad saat Kunjungan Kehormatan ke Universitas Sumatera Utara USU di Provinsi Sumatera Utara Sumut, Senin (13/11/2023). Foto: Istimewa
Wakil Ketua MPR RI Prof. Fadel Muhammad saat Kunjungan Kehormatan ke Universitas Sumatera Utara USU di Provinsi Sumatera Utara Sumut, Senin (13/11/2023). Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Ketua MPR RI Prof. Fadel Muhammad mengungkapkan, ketahanan pangan di lingkup daerah harus selalu diperhatikan para kepala daerah.

Hal ini bertujuan untuk memastikan, masyarakat tercukupi kebutuhan dasarnya, di tengah musim panas atau kemarau yang panjang melanda Indonesia dan memasuki pergantian musim ekstrim saat ini.

"Untuk itu, kuantitas dan kualitas produk pertanian daerah harus selalu mendapat perhatian lebih pemerintah provinsi," ujar Fadel Muhammad, usai bertemu dan berdialog dengan Penjabat (PJ) Gubernur Sumatera Utara Hassanudin, di Ruang Kerja Gubernur, Kompleks Kantor Pemprov Sumut, Madras Hulu, Medan Polonia, Kota Medan, Senin (13/11/2023).

Baca juga : Ditjen Bina Pemdes Gelar Pekan Inovasi Perkembangan Desa dan Kelurahan 2023

Turut hadir mendampingi Fadel Muhammad, Hana Hasanah Shahab dan Anggota DPD RI Dapil Sumatera Utara Dr. Badikineta Sitepu.

Kepada PJ Gubernur Sumut, Mantan Gubernur Provinsi Gorontalo dua periode ini juga menyampaikan konsep 'Lumbung Pangan' yang saat ini gencar di sosialisasikan dan diupayakan realisasinya di Provinsi Gorontalo.

"Pj Gubernur merespon baik hal itu. Saya rasa, ketika semua daerah bisa mewujudkan lumbung pangan, maka ketahanan pangan nasional akan semakin mudah terwujud. Bahkan, Indonesia bisa dengan mudah melakukan ekspor pangan ke luar negeri," katanya.

Baca juga : Pj Gubernur Sumsel Paparkan Pergeseran Anggaran untuk Tangani Karhutla

Merespon hal tersebut, PJ Gubernur Sumut Hassanudin mengungkapkan terimakasih atas kunjungan Pimpinan MPR RI sekaligus anggota DPD RI Fadel Muhammad, untuk berdialog seputar pertanian dan ketahanan pangan.

"Dalam perbincangan dengan beliau, saya mendapatkan banyak bimbingan dan masukan yang luarbiasa bermanfaat buat saya dalam rangka membangun dan menyempurnakan potensi-potensi pertanian dan Provinsi Sumut ini," ujarnya.

Dikatakan Hassanudin, apa yang disampaikan Fadel Muhammad akan dijadikan bahan kajian strategis di Provinsi Sumut yang kemudian akan ditindaklanjuti.

Baca juga : Peringati Hari Pahlawan, UKI Gelar Festival Pemuda Dan Kebangsaan

"Sekali lagi saya sampaikan terimakasih dan apresiasi kepada Pimpinan MPR Fadel Muhammad serta salam hormat saya untuk seluruh Pimpinan MPR lainnya," tandasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Anggota DPD RI Dapil Sumatera Utara Dr. Badikineta Sitepu menyampaikan bahwa banyak hal akan dilaksanakan Pj Gubernur Sumut menyangkut pertanian dan ketahanan pangan.

"Saya yakin Pj Gubernur dengan program strategisnya, akan mampu mengelola semua potensi yang ada di Sumut, sehingga Sumut bisa menggali potensinya secara maksimal dan bahkan mampu ikut menjaga ketahanan pangan secara nasional," katanya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.