Dark/Light Mode

BNPT Rancang 7 Program Prioritas Bangun Ketahanan Masyarakat

Rabu, 8 November 2023 15:33 WIB
Foto: Ist
Foto: Ist

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) membangun ketahanan masyarakat melalui 7 program prioritas.

Tujuh program itu diharapkan dapat menciptakan sekaligus menguatkan public awareness dan public engagement dalam upaya bersama penanggulangan terorisme.

Ketujuh program tersebut adalah pemberdayaan perempuan, anak dan remaja, pembentukan Desa Siap Siaga-Desa Damai, pembentukan Sekolah Damai, pembentukan Kampus Kebangsaan.

Baca juga : Pengamat Apresiasi Program Perumahan Para Capres

Lalu, pemenuhan hak dan pemberdayaan penyintas serta keluarga, reintegrasi dan reedukasi mitra deradikalisasi, serta keluarga dan yang terakhir mengenai asesmen pegawai dengan tugas risiko tinggi.

“Program-program ini dapat membangun public awareness dan public engagement, tentunya harus didukung dengan kekuatan nasional (multi stakeholders),” kata Kepala BNPT Komjen Rycko Amelza Dahniel, seperti keterangan yang diterima RM.id, Rabu (8/11/2023).

Agar ketujuh program ini pun berjalan dengan baik, BNPT membentuk Tim Ketahanan Masyarakat yang turut melibatkan organisasi masyarakat sipil.

Baca juga : Yuk, Bayar Pajak Kendaraan

Kepala BNPT berpesan agar tim ini berorientasi pada outcome, yaitu terwujudnya ketahanan masyarakat, terutama kelompok yang rentan terpapar radikalisme yaitu perempuan, anak dan remaja.

“Susun timeline tindak lanjut agar dalam enam bulan ke depan hasilnya sudah bisa dilihat dan dirasakan,” jelasnya.

Ketahanan masyarakat dalam konteks penanggulangan terorisme mencakup pemahaman dan kesadaran tentang bahaya radikalisme dan terorisme, serta kemampuan untuk mengidentifikasi, melaporkan, dan merespon tanda-tanda potensial dari aktivitas terorisme.

Baca juga : Program PPM PetroChina Dukung Pengembangan Pendidikan Hingga Ekonomi Masyarakat

Ketujuh program yang berkaitan dengan ketahanan masyarakat ini, merupakan implementasi dari Perpres nomor 7 Tahun 2021 tentang Rencana Aksi Nasional Pencegahan dan Penanggulangan Ekstremisme Berbasis Kekerasan yang Mengarah pada Terorisme Tahun 2020-2024 (RAN PE), dengan menekankan pada keterlibatan menyeluruh pemerintah dan masyarakat.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.