Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
%
Ganjar & Mahfud
Waktu |

Peringati Hari Pahlawan, UKI Gelar Festival Pemuda Dan Kebangsaan

Sabtu, 11 November 2023 18:33 WIB
Seminar Pemuda dan Kebangsaan Panggung Rakyat serta Festival Pemuda dan Kebangsaan Pemuda Berkarya Indonesia Berbudaya yang digelar Universitas Kristen Indonesia (UKI). (Foto : ist)
Seminar Pemuda dan Kebangsaan Panggung Rakyat serta Festival Pemuda dan Kebangsaan Pemuda Berkarya Indonesia Berbudaya yang digelar Universitas Kristen Indonesia (UKI). (Foto : ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Memperingati hari pahlawan pada 10 November, Universitas Kristen Indonesia (UKI) menggelar "Seminar Pemuda dan Kebangsaan Panggung Rakyat" serta "Festival Pemuda dan Kebangsaan Pemuda Berkarya Indonesia Berbudaya".

Penanggung jawab dan Ketua HIBA Belmawa Dikti Dirk Roy Kolibu mengatakan acara ini bertujuan agar para mahasiswa mengembangkan karakternya untuk mencintai budaya bangsa.

"Budaya Indonesia yang mulai tergerus karena kemajuan teknologi, dimana budaya luar begitu mudah diakses yang berimbas tersisihnya budaya sendiri, membuat kami terpanggil untuk menggelar acara ini," ungkap Dirk Roy disela-sela acara pada Jumat (10/11).

Baca juga : Pemerintah Kebut Pembangunan Infrastruktur Danau Toba

Dirk juga menambahkan untuk mengenang dan menghargai jasa para pahlawan yang telah memerdekan bangsa ini, generasi z yang lahir di era 1995 hingga 2010, selain dibekali ilmu pengetahuan yang luas, juga harus dibekali dengan karakter yang kuat.

"Saat ini berkat kemajuan teknologi arus infomasi dari negara luar kian deras, jika tidak dibekali materi bagaimana mencintai bangsa ini maka karakter gen z akan melemah. Dengan ditunjang agama dan budaya yang kuat maka gen z akan semakin memiliki karakter yang kuat," lanjut Dirk Roy menambahkan.

Pendapat senada juga diungkapkan oleh Dosen Fisipol UKI Audra Jovani yang menekankan pentingnya Mata Kuliah Wajib Kebangsaan (MKWK) dalam membentuk karakter gen z agar semakin mencintai bangsanya sendiri.

Baca juga : Pemuda Lamongan Berharap Ganjar-Mahfud Jadi Presiden-Wakil Presiden

"Dalam seminar pemuda dan kebangsaan, saya menekankan dua hal, pertama gen z harus mengimplementasikan nilai-nilai pancasila dan kedua nilai-nilai seperti rasa peduli, berbagi, rendah hati, profesional, berintegritas, bertanggung jawab dan disiplin. Nilai-nilai itulah yang digunakan sebagai modal oleh gen z ketika terjun dalam kehidupan di masyarakat," papar Audra Jovani.

Sementara itu Dekan Fakultas Hukum UKI Hendri Jayadi menambahkan peringatan hari pahlawan yang digelar oleh UKI dalam bentuk seminar dan festival merupakan pelaksanaan program hibah dana MKWK pada perguruan tinggi berbasis project dari Dirjen Diktiristek Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

"Diawali dengan seminar kebangsaan lalu dilanjutkan dengan festival, hal ini dimaksudkan agar generasi muda khususnya mahasiswa MKK UKI dan para siswa SMA memahami posisi dan fungsinya sebagai generasi penerus bangsa, dimana dipundak generasi muda inilah masa depan bangsa Indonesia ditentukan," jelas Hendri Jaya.

Baca juga : Relawan Crivisaya Ganjar Ajak Gen Z Teladani Kepemimpinan Proklamator Indonesia

Di tengah-tengah arus globalisasi, industrialisasi, digitalisasi dan internasionalisasi, Hendri berharap generasi z tetap memiliki dan memahami akan budaya Indonesia yang berbasiskan Pancasila yang merupakan falsafah dasar negara Indonesia.

Pancasila tegas Hendri ada dalam jati diri bangsa Indonesia, seperti yang pernah disampaikan Bung Karno dalam sidang PBB dunia bahwa Indonesia memiliki : the five guidence of national life, its name is Pancasila yakni Believe in God; Humanity; Nationality. Democration dan Social Justice.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.