Dark/Light Mode

Antisipasi Lonjakan Transportasi Nataru

Awasi Titik Rawan Kecelakaan

Minggu, 17 Desember 2023 07:20 WIB
Wakil Ketua Komisi III DPR Ahmad Sahroni. (Foto: Antara)
Wakil Ketua Komisi III DPR Ahmad Sahroni. (Foto: Antara)

 Sebelumnya 
Dia mendorong Pemerintah sejak dini menyiapkan perenca­naan yang matang menghadapi arus libur Nataru ini. Salah satu perencanaan itu, memetakan titik-titik tertentu yang rawan kecelakaan, rawan bencana, dan lainnya. Pemetaan titik rawan ini diperlukan agar ketika tejadi lonjakan yang cukup besar, pengalihan arus lalu lintas sudah disiapkan.

“Pengalihan arus lalu lintas itu akan memakai jalan provinsi ataukah jalan kabupaten, atau mungkin malah jalan desa. Nah tentu ini kondisinya sudah siap agar arus libur Nataru ini lancar, nyaman dan aman,” katanya.

Dia berharap, pemetaan ja­lan titik-titik rawan ini sudah disiapkan, sehingga potensi kecelakaan dapat diatasi.

Baca juga : Punya Trah NU Kuat, Ulama Titipkan Harapan Ke Mahfud MD

“Karena kan biasanya pada saat Nataru itu trafiknya men­jadi lebih banyak. Apakah ini sudah ada antisipasi dan koor­dinasi dengan pihak Korlantas atau dengan Basarnas? Ini perlu disiapkan sehingga saat terjadi puncak arus sampai dengan awal Januari 2024, ini dapat berjalan dengan baik,” jelasnya.

Sementara, anggota Komisi VI DPR Ananta Wahana meng­ingatkan pihak Jasa Marga untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya kemacetan dan ke­celakaan di sejumlah titik di dalam tol. Di sejumlah titik ini memang seringkali terjadi ke­macetan dan kecelakaan.

“Kami ini setiap hari memang (lewat) jalan tol, khususnya Tangerang-Merak atau seba­liknya. Dari catatan kami, sum­ber kemacetan itu biasanya di gerbang tol Cikupa, Kilometer 52 dan 72. Kemudian titik rawan kecelakaan itu di Kilometer 87 dan Kilometer 97,” kata Ananta.

Baca juga : Generasi Milenial Jangan Terprovokasi Hoaks Dan Black Campaign

Dari data yang diperolehnya, khusus di sepanjang jalan tol Tangerang-Merak ini, rata-rata kecelakaan yang terjadi adalah kecelakaan tunggal. Rata-rata kejadian di area pinggir jalan tol.

“Ini perlu diantisipasi terkait kemacetan, kondisi aspal, bahu jalan hingga rest area. Ini perlu dijaga dan dipastikan aman bagi pengendara,” pesannya.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Minggu 17/12/2023 dengan judul Antisipasi Lonjakan Transportasi Nataru, Awasi Titik Rawan Kecelakaan

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.