Dark/Light Mode

Lahan Produktif Di Jawa Makin Sempit

Program Food Estate Tidak Boleh Terhenti

Rabu, 20 Desember 2023 07:20 WIB
Wakil Ketua Komisi IV DPR Budhy Setiawan. (Foto: Dok. DPR RI)
Wakil Ketua Komisi IV DPR Budhy Setiawan. (Foto: Dok. DPR RI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Senayan menilai pembangunan kawasan Food Estate di Kalimantan Tengah (Kalteng) sejauh ini cukup berhasil. Program membangun lumbung pangan di luar Jawa ini sudah memberikan hasil panen signifikan.

Wakil Ketua Komisi IV DPR Budhy Setiawan mengatakan, kolaborasi Kementerian Pertanian (Kementan) bersama Kementerian Pertahanan (Kemhan) menciptakan lumbung pangan cukup membanggakan. Kawasan Food Estate di Kalteng sesuai dengan harapan.

Baca juga : Kementan Gelar Gerakan Tanam Padi, Pacu Akselerasi Food Estate Kalteng

“Sejauh ini sudah banyak yang berhasil kok dan sudah panen. Memang produktivitasnya belum sesuai yang diharapkan karena kondisinya masih lahan gambut,” kata Budhy saat dihubungi Rakyat Merdeka, Selasa (19/12/2023).

 Di mengatakan, lahan gambut ini memang di awal-awal penanaman produktivitasnya belum tinggi. Untuk itu diperlukan berbagai perlakuan terhadap kondisi tanah untuk meningkatkan kesuburan tanah.

Baca juga : Prabowo-Gibran Akan Sempurnakan Food Estate Lewat Lumbung Pangan

Anggita Fraksi Golkar ini menemukan, di banyak lahan Food Estate di Kalteng sudah banyak yang panen. Walau di beberapa titik terdapat kegagalan, tapi masih bisa ditolerir akibat faktor El Nino yang menyebabkan kekeringan yang berkepanjangan.

“Makanya kami meminta Kementan dan Kemhan lebih giat mempublikasikan data sebenar­nya. Yang terjadi (polemik) ini kan sebenarnya ya karena kurang terpublikasi saja datanya,” tambahnya.

Baca juga : Mentan Genjot Produktivitas Semen Beku Tingkatkan Populasi Ternak

Tapi yang terpenting, sambung dia, upaya untuk terus meningkatkan indeks ketahanan pangan melalui program Food Estate harus terus dilakukan. Apalagi lahan produktif di Pulau Jawa ini semakin sempit dan terbatas, bahkan banyak beralih menjadi kawasan industri, pemukiman dan lain sebagainya.

“Jadi memang sudah saatnya kita menaikkan indeks ke­tahanan pangan kita ini di luar Pulau Jawa. Salah satunya, di Kalteng yang memang pantas untuk dilanjutkan keber­lang­sungannya. Jangan kita ­tinggalkan yang di sana karena terbukti ada juga berhasil,” tambahnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.