Dark/Light Mode

Lestari: Bangun Kembali Kesadaran Cegah Penyebaran Covid-19

Rabu, 20 Desember 2023 20:15 WIB
Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat saat membuka diskusi daring bertema Peningkatan Kasus Covid-19: Aksi Atau Reaksi Menjelang Nataru yang digelar Forum Diskusi Denpasar 12, Rabu (20/12/2023). Foto: Istimewa
Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat saat membuka diskusi daring bertema Peningkatan Kasus Covid-19: Aksi Atau Reaksi Menjelang Nataru yang digelar Forum Diskusi Denpasar 12, Rabu (20/12/2023). Foto: Istimewa

 Sebelumnya 
Ketua Satgas Covid-19 PB IDI, Erlina Burhan mengungkapkan peningkatan kasus Covid-19 kali ini bukan disebabkan penyebaran varian baru, tetapi karena aktivitas masyarakat yang meningkat dan imunitas dari vaksin yang menurun serta tingkat pemberian booster di masyarakat yang rendah.

Diakui Erlina, kebiasaan untuk menerapkan protokol kesehatan dalam keseharian juga terbilang rendah jika dibandingkan dengan di masa pandemi.

Erlina mendorong untuk mengutamakan pencegahan dalam bentuk penerapan protokol kesehatan, vaksinasi dan pola hidup bersih dan sehat.

Baca juga : Prabowo: Perekonomian Akan Kuat, Jika Kekayaan Diolah Anak-anak Indonesia

"Bila terdapat gejala batuk, demam dan pilek, segera pakai masker. Bermasker itu keren," ujarnya.

Kasubdit Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas Jalan, Kemenhub RI, Rudi Irawan mengungkapkan pada masa libur Natal dan Tahun Baru kali ini peningkatan kasus Covid-19 juga menjadi isu strategis yang menjadi perhatian.

Kementerian Perhubungan, jelas Rudi, juga sudah menentukan titik-titik waspada selama libur Natal dan Tahun Baru antara lain di tempat-tempat wisata, pusat perbelanjaan dan tempat ibadah.

Baca juga : Prof Emil Salim: Butuh Total Football Generasi Muda Untuk Cegah Perubahan Iklim

Sehingga, ujar Rudi, upaya antisipasi pencegahan di kawasan tujuan wisata juga akan dilakukan. Apalagi, tambah dia, pada tahun ini diperkirakan ada potensi 107,6 juta pergerakan kendaraan di Jawa dan 14,8 juta pergerakan kendaraan di kawasan Jabodetabek.

Kondisi tersebut, jelas Rudi, dipicu oleh semakin bertambahnya infrastruktur baru antara lain dalam bentuk ruas tol, moda transportasi seperti kereta cepat, LRT dan MRT.

Dalam menjaga liburan yang aman dan nyaman, jelas Rudi, Pemerintah mewajibkan para pelaku perjalanan agar memastikan kondisi tubuhnya sehat dan kondisi kendaraan yang digunakan dalam kondisi prima.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.