Dark/Light Mode

Agar Lebih Efektif Dan Tepat Sasaran

Salurkan Bansos Lewat BUMN Aja

Kamis, 4 Januari 2024 07:20 WIB
Anggota Komisi VI DPR Darmadi Durianto. (Foto: Dok. DPR RI)
Anggota Komisi VI DPR Darmadi Durianto. (Foto: Dok. DPR RI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Senayan mendorong agar Program Bantuan Sosial (Bansos) bagi masyarakat miskin cukup disalurkan melalui Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Hal ini dilakukan agar program bansos yang saat ini mencapai Rp 400 triliun benar-benar efektif dan tepat sasaran.

Anggota Komisi VI DPR Darmadi Durianto mengatakan, program (bansos) jangan sampai dijadikan alat untuk kepentingan politik tertentu. Karena, program ini telah menjadi instrumen penting dalam menopang keber­langsungan hidup masyarakat kelas bawah.

Meski dalam pelaksanaannya masih kerap terdengar berbagai macam kekurangan. Bukan berarti program tersebut harus ditiadakan, malah yang ada ha­rusnya dibenahi. Baik dari segi penyaluran maupun data para penerima agar tepat sasaran.

Baca juga : Agar Tepat Sasaran, PDIP Dorong Pembentukan Panja Penyaluran Bansos

“Bansos adalah amanah UUD 1945. Negara punya kewajiban memastikan rakyatnya tidak ada yang kekurangan dalam hal bahan pokok, termasuk rakyat kecil. Kalau dihapus, program itu bukan pilihan yang bijak. Justru hanya akan menambah beban baru bagi negara nanti­nya,” ujar anggota Fraksi PDI Perjuangan ini.

Dia menegaskan, penyaluran bansos mesti bisa tepat sasaran dan tepat waktu. Untuk itu, diperlukan mekanisme penga­wasan yang kuat dari legislatif.

Dia pun mengaku tengah menginisiasi pembentukan Panja Efektivitas Penyaluran Ban­sos, dalam rangka menjalankan fungsi pengawasan DPR.

Baca juga : Ganjar: Bansos Lebih Efektif Dan Tepat Sasaran

“Penyaluran bansos ke depannya perlu dibarengi dengan sistem pengawasan ketat. Jangan sampai program itu hanya di­jadikan alat untuk kepentingan politik tertentu,” ujarnya.

Darmadi menegaskan, pem­bentukan panja ini juga sebagai wujud tanggung jawab kepada rakyat. Karena bansos ini meng­gunakan uang rakyat.

“Sudah jadi tanggung jawab kami selaku wakil rakyat me­mastikan bahwa program terse­but benar-benar tepat sasaran. Oleh karenanya, kami di Komisi VI DPR berencana membentuk Panja Efektivitas Penyaluran Bansos sesegera mungkin,” ungkapnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.