Dark/Light Mode

Agar Lebih Efektif Dan Tepat Sasaran

Salurkan Bansos Lewat BUMN Aja

Kamis, 4 Januari 2024 07:20 WIB
Anggota Komisi VI DPR Darmadi Durianto. (Foto: Dok. DPR RI)
Anggota Komisi VI DPR Darmadi Durianto. (Foto: Dok. DPR RI)

 Sebelumnya 
Dia mengatakan, dengan adanya panja ini diharapkan penyaluran bansos oleh tiga perusa­haan yang ditunjuk Perusahaan Umum (Perum) Bulog dapat berjalan efektif.

Perum Bulog mendapat penu­gasan untuk mendistribusikan bantuan kepada 22 juta Penerima Bantuan Pangan (PBP) di selu­ruh Indonesia.

Baca juga : Agar Tepat Sasaran, PDIP Dorong Pembentukan Panja Penyaluran Bansos

Dalam pendistribusian terse­but, Bulog menggandeng se­jumlah rekanan, yaitu PT Pos Indonesia sebanyak 49 persen, PT Jasa Prima Logistik yang juga merupakan anak usaha Pe­rum Bulog sebanyak 10 persen, dan PT Yasa Artha Manunggal sebanyak 41 persen.

“Komisi VI DPR berharap lewat Panja akan mudah mengawasi distribusi terhadap empat program bantuan pangan yang tengah berjalan senilai Rp 400 triliun tersebut. Jangan sam­pai di tengah gegap gempita pemilu, bantuan untuk rakyat diselewengkan. Ini harus kita jaga dan antisipasi,” tegasnya.

Baca juga : Ganjar: Bansos Lebih Efektif Dan Tepat Sasaran

Darmadi menegaskan, PDI Perjuangan memiliki komitmen kuat jika sudah menyangkut kepentingan wong cilik.

Ditegaskannya, kepentingan wong cilik adalah skala prioritas yang mesti diperjuangkan secara totalitas, termasuk soal program bansos ini.

Baca juga : Lelang 56 Jabatan Eselon I Dan II, Mentan Amran Pastikan Bebas KKN

“Negara ini bukanlah negara yang menganut paham kapitalisme. Rakyat yang tak berdaya dibiarkan berjuang sendirian. Bagi PDIP, bansos adalah pro­gram yang memiliki spirit dan nilai-nilai kegotongroyongan sebagaimana menjadi ciri khas bangsa ini, yaitu saling bahu membahu dalam kondisi apapun,” tutup anggota Badan Legislasi DPR itu.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Kamis 4/1/2024 dengan judul Agar Lebih Efektif Dan Tepat Sasaran, Salurkan Bansos Lewat BUMN Aja  

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.