Dark/Light Mode

Bertemu BEM UNPERBA, Bamsoet Ajak Para Mahasiswa Jadi Pemilih Cerdas

Senin, 29 Januari 2024 22:51 WIB
Ketua MPR Bambang Soesatyo (Foto: Dok. MPR)
Ketua MPR Bambang Soesatyo (Foto: Dok. MPR)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua MPR sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengajak para mahasiswa, Senat, dan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Perwira Purbalingga (UNPERBA) untuk menjadi pemilih cerdas dan rasional dalam menggunakan hak pilihnya di Pemilu 2024. Memilih berdasarkan visi dan misi serta kualitas kepemimpinan, sehingga tidak terjebak dalam politik uang maupun atraksi simbolik yang tidak ada kaitannya dengan program kerja.

"Berdasarkan data Daftar Pemilih Tetap KPU, sebanyak 52 persen pemilih 2024 merupakan pemilih muda. Pemilih berusia 17-30 tahun mencapai 31,23 persen atau sekitar 63,9 juta jiwa, dan pemilih berusia 31-40 tahun sebanyak 20,7 persen atau sekitar 42,4 juta jiwa. Ini menunjukkan bahwa suara anak-anak muda, sangat menentukan nasib bangsa selama lima tahun ke depan," ujar Bamsoet dalam Sosialisasi Empat Pilar MPR hari ke-12 dalam kunjungannya ke Dapil VII Jawa Tengah bersama sivitas akademika UNPERBA, di Kampus UNPERBA, Purbalingga, Senin (29/1).

Turut hadir antara lain Rektor UNPERBA Eming Sudiana, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Purbalingga Tenny Juliawati, Founder Yayasan Ali Network Indonesia Ali Sun Geun, serta Plt. Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Purbalingga Yani Sutrisno serta perwakilan dari Kapolres Purbalingga, Dandim, Danlanud, Kajari dan Danyonif 406 Purbalingga.

Baca juga : Bamsoet Ajak Paguyuban Kades Wira Praja Jaga Kondusivitas Jelang Pemilu

Hadir pula perwakilan Perusahaan Korea yang ada di Kabupaten Purbalingga, antara lain PT Sung Chang, PT Boyang Industrial, PT Victoria Beauty Industrial, PT Hasta Pusaka Sentosa, PT Hyup Sung Indonesia, PT Indokores Sahabat, PT Royal Korindah, PT Sung Shim Intetnational, PT Yuro Mustika, serta PT Cosmoprof Indokarya.

Ketua DPR ke-20 ini juga mendukung kiprah UNPERBA yang semakin menguatkan eksistensinya sebagai kampus lokal dengan jaringan internasional. Seiring dengan telah dilakukannya kerjasama internasional antara UNPERBA dengan dua kampus asal Korea, yakni Yeungnam University dan Keimyung University Korea, serta dengan Provinsi Gyeongsangbok-do, Korea. 

Melalui kerja sama tersebut, mahasiswa UNPERBA akan bisa belajar di kedua kampus tersebut, begitupun sebaliknya. Untuk semakin menguatkan kerjasama internasional dengan Korea, dalam waktu dekat UNPERBA juga akan membuka program studi baru, bahasa Korea. 

Baca juga : Bertemu AGPAII Purbalingga, Bamsoet Ajak Tanamkan Nilai-nilai Luhur Agama

Selain internasional, UNPERBA juga telah menjalin kerja sama dengan Pemkab Purbalingga melalui pemberian beasiswa kepada 18 warga Purbalingga dari 18 kecamatan yang ada di Purbalingga, untuk menempuh pendidikan di UNPERBA. Lalu, UNPERBA juga telah menjalin kerja sama dengan perusahaan Korea yang beroperasi di Purbalingga.

“Salah satunya kerja sama dengan PT Sung Chang Indonesia untuk memberikan beasiswa kepada 18 warga Purbalingga menempuh pendidikan di UNPERBA," jelas Bamsoet.

Dosen pascasarjana Universitas Pertahanan ini menerangkan, selain kerja sama pendidikan, UNPERBA juga menjalin kerja sama penempatan kerja dengan berbagai perusahaan Korea, baik yang berada di Purbalingga maupun di Indonesia pada umumnya, termasuk yang berada langsung di Korea. Sehingga lulusan UNPERBA tidak perlu repot mencari pekerjaan.

Baca juga : Bertemu LDII Purbalingga, Bamsoet: Indonesia Bukan Negara Sekuler ataupun Agama

"Keberhasilan UNPERBA melakukan kerjasama dengan berbagai pihak tersebut, tidak lepas karena kualitas pendidikan sekaligus profesionalitas tenaga pengajar yang ada di UNPERBA. Salah satunya dibuktikan dengan keberhasilan UNPERBA mendapatkan predikat "Baik" dari Asesmen Lapangan untuk Akreditasi Perguruan Tinggi oleh BAN-PT," pungkas Bamsoet.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.