Dark/Light Mode

Kunjungi Pabrik Rambut Palsu

Bamsoet Dorong Peningkatan Kerja Sama UNPERBA-PT Victoria Beauty Industrial

Selasa, 30 Januari 2024 10:35 WIB
Ketua MPR Bambang Soesatyo mengunjungi PT Victoria Beauty Industrial, di Purbalingga, Selasa (30/1). (Foto: Istimewa)
Ketua MPR Bambang Soesatyo mengunjungi PT Victoria Beauty Industrial, di Purbalingga, Selasa (30/1). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua MPR sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengapresiasi kinerja PT Victoria Beauty Industrial yang memproduksi rambut palsu dengan pasar ekspor ke Amerika Serikat. Salah satu konsumennya yakni artis, Beyonce. Hal ini menunjukkan enunjukan bahwa rambut palsu produksi warga Purbalingga melalui PT Victoria Beauty Industrial memiliki kualitas dunia.

PT Victoria Beauty Industrial berdiri sejak tahun 2021, di atas lahan sekitar 15 hektar, di Purbalingga. Perusahaan ini mempekerjakan sekitar 5 ribu pekerja asal Purbalingga dan daerah sekitarnya. Dalam setahun, bisa mengekspor lebih dari 4 juta pieces rambut palsu dengan ribuan model.

"Jika dirata-ratakan per minggu, mereka mengekspor 6 kontainer rambut palsu. Ini memberikan dampak ekonomi yang sangat besar, baik bagi kesejahteraan masyarakat Purbalingga maupun bagi pendapatan daerah dan negara melalui berbagai pajak yang dibayarkan," ujar Bamsoet, dalam kunjungan hari ke-13 di Dapil VII Jawa Tengah, ke PT Victoria Beauty Industrial, di Purbalingga, Selasa (30/1).

Baca juga : Bamsoet Dorong Peningkatan Pendidikan Pekerja dan Peningkatan Ekspor

Turut hadir jajaran PT Victoria Beauty Indurstrial antara lain, Wakil Direktur An Joong Ho, Manager Keuangan Lee Jin Seob, serta Manager Personalia Agil Kusumasari. Hadir pula Founder Yayasan Ali Network Indonesia yang juga penasehat ekonomi Ketua MPR Ali An Sun Guen.

Ketua DPR ke-20 ini menjelaskan, para pekerja di PT Victoria Beauty Industrial, rata-rata lulusan D3 dan S1 untuk di bagian office. Sedangkan dibagian produksi, rata-rata SD, SMP, dan SMA. Kampus Universitas Perwira Purbalingga (UNPERBA) yang didirikan Bamsoet, melalui kerja sama dengan PT Victoria Beauty Industrial, akan menyiapkan beasiswa pendidikan bagi para pekerja di PT Victoria Beauty Industrial agar bisa melanjutkan pendidikan S1 di UNPERBA.

"Ada lima program studi di UNPERBA yang bisa mereka pilih, antara lain Agribisnis, Akuntansi, Informatika, Manajemen, dan Teknik Mesin. Dalam waktu dekat akan dibuka jurusan baru, bahasa Korea. Sehingga para pekerja di berbagai perusahaan Korea yang ada di Purbalingga, bisa belajar bahasa Korea di UNPERBA," jelas Bamsoet.

Baca juga : Bamsoet Dorong Peningkatan Industri Bulu Mata & Rambut Palsu di Purbalingga

Ketua Dewan Pembina Depinas SOKSI ini menerangkan, kemudahan PT Victoria Beauty Industrial melakukan ekspor tidak lepas dari dukungan pemerintah pusat dan daerah melalui Kantor Wilayah Bea Cukai Jateng DIY bersama Bea Cukai Purwokerto yang sejak 2021 lalu secara resmi memberikan izin fasilitas kawasan berikat kepada PT Victoria Beauty Industrial.

Bamsoet melihat, Potensi PT Victoria Beauty Industrial masih bisa berkembang dengan pesat. Mereka menargetkan bisa menyerap hampir 20 ribu tenaga kerja asal Purbalingga dan sekitarnya, dari yang saat ini baru mencapai sekitar 5 ribu pekerja.

"Untuk menyiapkan tenaga kerja terampil, PT Victoria Beauty Industrial aktif menyelenggarakan pelatihan kepada para warga desa yang ingin bekerja di sana. Selain juga akan bekerja sama dengan UNPERBA untuk meng-upgrade kualitas SDM yang sudah bekerja agar bisa meningkat menjadi lebih baik lagi," pungkas Bamsoet.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.