Dark/Light Mode

Dukung Keselamatan Dan Kelancaran Mudik

Terminal Gelar Ramp Check Bus Dan Tes Urine Pengemudi

Selasa, 2 April 2024 06:50 WIB
Petugas melakukan uji kelaikan pada bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) di Terminal Kalideres, Jakarta, Selasa (19/3/2024). (Foto: Antara Foto/ Rivan Awal Lingga/rwa)
Petugas melakukan uji kelaikan pada bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) di Terminal Kalideres, Jakarta, Selasa (19/3/2024). (Foto: Antara Foto/ Rivan Awal Lingga/rwa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Terminal bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) di Jakarta menggelar ramp check atau inspeksi keselamatan bus dan mengecek kesehatan pengemudinya untuk memastikan kesiapan mereka melayani kegiatan mudik Lebaran.

Kepala Terminal Bus AKAP Kalideres Revi Zulkarnain menjelaskan, kegiatan ramp check antara lain melakukan pemeriksaan rem, ban, kaca spion, lampu utama, lampu sein, dan mesin bus. Kemudian pengecekan peralatan pendukung seperti ketersediaan alat pemukul kaca untuk keadaan darurat, kelengkapan kesehatan, APAR, dongkrak dan lain-lainnya.

“Kami juga melakukan tes urine dan kesehatan para awak bus sejak beberapa pekan lalu. Semua ini kami lakukan untuk memastikan awak dan bus angkutan Lebaran dalam kondisi baik dan laik jalan,” kata Revi.

Baca juga : Waspada, Maling Incar Rumah Ditinggal Mudik

Terkait layanan, Revi mengungkapkan, pihaknya sudah me­nyiapkan Posko Pengamanan, Posko Kesehatan dan menyiagakan sekitar 150 personel gabungan untuk menghadapi musim Lebaran tahun ini.

Revi menyebut, puncak arus mudik tahun ini diperkirakan terjadi pada H-3 dan H-4 atau pada tanggal 6 dan 7 April 2024.

“Berdasarkan hasil survei Kemenhub, diprediksi sebanyak 7.000-8.000 pemudik akan berangkat dari Terminal Kali­deres,” ungkapnya.

Baca juga : The Gunners Gagal Kudeta The Reds

Berdasarkan data tahun 2023, lanjutnya, Terminal Kalideres memberangkatkan sebanyak 5.655 pemudik.

Hal serupa dilakukan Ter­minal Bus AKAP Kampung Rambutan, Jakarta Timur. Ke­pala Terminal Bus Kampung Rambutan, Yulza Ramadhoni mengatakan, pihaknya sudah mendirikan Posko Keamanan Terpadu dan melakukan pra ramp check bus.

“Tenda untuk Posko Keaman­an Terpadu sudah didirikan sejak Rabu (27/3/2024) di area ruang tunggu dan lajur keberangkatan tujuan Jawa Barat. Di tenda ini disiapkan kursi dan meja untuk petugas piket,” kata Dhoni, sa­paan Yulza Ramadhoni, Minggu (31/3/2024).

Baca juga : Sikat Dimitrov, Sinner Digdaya

Namun untuk operasional­nya, lanjut dia, pihaknya masih menunggu hasil rapat gabungan yang biasanya akan digelar di Polda Metro Jaya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.