Dark/Light Mode

Catatkan Sejarah

La Nyalla Bangun Kantor Perwakilan DPD RI Jatim

Selasa, 14 Mei 2024 06:53 WIB
Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti
Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, melakukan peletakan batu pertama pembangunan Kantor Perwakilan DPD RI Provinsi Jawa Timur (Jatim), Senin (13/5/2024)

Pembangunan Kantor Daerah DPD RI di Jalan Jemur Andayani, Wonocolo, Surabaya, menjadi sejarah yang ditorehkan Ketua DPD RI, di tengah moratorium atau penghentian pembangunan gedung kementerian dan lembaga, yang diberlakukan Pemerintah Pusat, melalui Surat Menteri Keuangan, sejak 2014. 

“Pembangunan Kantor Daerah DPD RI, melalui mekanisme hibah dan bantuan dana dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim merupakan terobosan, jalan keluar atas adanya moratorium Menteri Keuangan. Ini yang pertama dalam sejarah DPD RI. Dan sejarah itu kita ukir di Jawa Timur. Tepuk tangan untuk Jawa Timur,” ujar La Nyalla di Surabaya, Jatim, Senin (13/5/2024). 

La Nyalla berharap, pemerintahan mendatang, mencabut moratorium pembangunan gedung kementerian dan lembaga. Sebab, pembangunan Kantor Daerah DPD RI merupakam amanat Undang-Undang (UU) MD3, yang mewajibkan anggota DPD RI di setiap daerah menyerap aspirasi di daerahnya melalui kantor perwakilan. 

“Bila kita lihat hirarki hukum, kondisi ini agak rancu. Amanat undang-undang, bisa dihentikan oleh Surat Menteri,” tukasnya. 

Baca juga : LaNyalla Bangun Kantor Perwakilan DPD RI Jatim

Lebih lanjut, LaNyalla berharap, pembangunan kantor daerah dapat menjadi saluran aspirasi bagi seluruh stakeholder. Sebab, kantor daerah merupakan langkah nyata dalam upaya peningkatan pelayanan dan penyerapan aspirasi masyarakat, serta penguatan kepentingan daerah yang menjadi tugas utama anggota DPD RI. 

“Semoga pembangunan kantor ini berjalan lancar dan sesuai rencana. Saya berharap, semangat para anggota DPD RI dari daerah pemilihan Jawa Timur semakin terpacu, lebih dekat dan menjalin hubungan yang harmonis dengan Pemerintah Daerah dan masyarakat di Jawa Timur,” pintanya. 

Tak lupa, LaNyalla menyampaikan terima kasih kepada Pemprov Jatim, khususnya di era kepemimpinan Gubernur Khofifah Indar Parawansa dan Wakil Gubernur Emil Dardak. 

Dia juga berterimakasih kepada pimpinan DPRD Provinsi Jatim, yang telah menyetujui dan menuntaskan proses hibah tanah dan bantuan Pemprov Jatim, untuk pembangunan Kantor Perwakilan DPD RI. 

“Saya juga mengucapkan terima kasih kepada Penjabat (Pj) Gubernur Jatim, Bapak Adhy Karyono, yang melanjutkan proses tersebut,” tandasnya. 

Baca juga : Bamsoet Dorong Peran Swasta dalam Industri Pertahanan dan Keamanan

Dalam kesempatan yang sama, Gubernur Jatim Periode 20192024, Khofifah Indar Parawansa berharap, keberadaan Kantor Daerah DPD RI di Jatim akan memberikan ruang partisipatoris dari masyarakat dan daerah yang diwakili oleh anggota DPD RI. 

“Kami bangga, Ketua DPD RI berasal dari Jatim. Ini menjadi kekuatan besar bagi Jatim. Makanya, kami support sehingga keberadaan kantor daerah akan memudahkan dalam menjaring aspirasi dan mengawalnya hingga terealisasi oleh pemerintah pusat,” ujar Khofifah. 

Adanya Kantor DPD RI di Jatim, lanjut dia, diharapkan semakin memperkuat Jatim yang merupakan centre of gravity Indonesia. 

“Ketika IKN Nusantara sudah berjalan, secara de jure ibukota negara di sana. Tapi, secara de facto ibukota negara itu ada di Jawa Timur,” tegasnya. 

Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPD RI, Rahman Hadi menjelaskan, proses hibah tanah Gedung DPD RI Jatim diawali saat Ketua DPD RI menyampaikan secara lisan kepada Gubernur Jatim, ketika berkunjung ke Kantor Gubernur Jatim, pada 1 November 2019. Kemudian, Kesekjenan DPD RI menindaklanjuti dengan mengirim surat resmi pada 24 Februari 2021, dan hibah tanah terealisasi dengan luas 2.000 meter persegi. 

Baca juga : Perpusnas Akan Gelar Rakornas Bidang Perpustakaan & Peringatan Hari Jadi ke-44

“Karena Moratorium pembangunan gedung kementerian negara atau lembaga oleh Menteri Keuangan belum dicabut, Ketua DPD RI meminta kepada Ibu Khofifah, agar diberikan bantuan pembangunan melalui mekanisme Naskah Perjanjian Hibah Daerah dalam bentuk uang dengan total Rp 16.277.000.000,” katanya. 

Di atas tanah seluas 2.000 meter itu, lanjut Rahman, akan berdiri Gedung Kantor 2,5 lantai dengan total luas lantai sebesar 1.714,6 meter persegi. Di dalamnya, terdapat 6 ruang Anggota DPD RI, 1 ruang Staf Ahli Anggota DPD RI, 1 ruang kepala kantor, 2 ruang sekretariat, 1 ruang serbaguna, 1 ruang rapat,1 musholla dan beberapa ruang pendukung lainnya. 

“Proses pembangunan direncanakan akan selesai dalam kurun waktu 6 bulan terhitung mulai tanggal 18 April 2024 sampai dengan 19 September 2024,” tandasnya. 

Selain Ketua dan Sekjen DPD RI, acara peletakan batu pertama sekaligus pemberian santunan kepada anak-anak yatim itu dihadiri Wakil Ketua I DPD RI Nono Sampono, dan anggota DPD RI dapil Jatim Evi Zainal Abidin dan Adilla Aziz. 

Selain itu, acara tersebut dihadiri sejumlah anggota DPD RI, di antaranya Habib Ali Alwi (Banten), Andi Muh Ihsan dan Tamsil Linrung (Sulsel), Elviana (Jambi), Amang Syafruddin (Jabar), Alirman Sori (Sumbar), serta unsur Forkopimda Jatim
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.