Dark/Light Mode

Nasdem Puji Lelang Jabatan Kajari-Kajati di Kejagung

Selasa, 3 Desember 2019 22:45 WIB
Ahmad Sahroni (Foto: Istimewa)
Ahmad Sahroni (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Ketua Komisi III DPR, Ahmad Sahroni, memandang langkah Jaksa Agung, ST Burhanuddin, meluncurkan program lelang untuk jabatan Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) dan Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) di seluruh Indonesia sebagai langkah progresif yang bertujuan membangun profesionalisme institusi Kejaksaan Agung. Upaya tersebut akan menciptakan kompetisi sehat bagi setiap jaksa yang memiliki kompetensi dalam membangun Kejagung mulai dari tingkat Kejari dan Kejati.

“Saya rasa itu sebuah terobosan besar dalam membuka ruang profesionalisme bagi para jaksa dalam membangun karir mereka secara individu maupun kelembagaan,” ucap politisi Nasdem ini, Selasa (3/12).

Baca juga : Ini Kronologis Pesawat Batik Air Yang Mendarat Darurat di Kupang

Dengan demikian, kata Sahroni, Jaksa Agung sebagai pimpinan Kejagung dapat mengetahui secara langsung kompetensi maupun integritas calon-calon Kajari dan Kajati yang akan membantunya membangun kejaksaan minimal untuk lima tahun ke depan. “Lewat proses lelang jabatan tersebut Jaksa Agung sangat terbantu menyeleksi kualitas sumber daya manusia yang dimiliki jajarannya yang nota bene lepas dari unsur korupsi, kolusi dan nepotisme,” imbuhnya.

Ia kemudian mengingatkan, hasil dari proses lelang jabatan ini nantinya mampu semakin menghadirkan kepercayaan publik pada kinerja kejaksaan. Dia pun meminta Jaksa Agung mengawasi secara ketat pelaksanaan visi misi para kajari dan kajati terpilih tak menyimpang dari visi misi kejaksaan secara kelembagaan.

Baca juga : Transportasi Publik, Jakarta Belajar ke Swedia

“Jangan sampai kesempatan besar ini disalahgunakan untuk kepentingan pribadi maupun kroninya. Besar harapan kita sistem lelang jabatan ini akan memperkuat kejaksaan di mata masyarakat,” tuturnya. [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.