Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Sosialisasi 4 Pilar di Desa Wisata Olele, Fadel Ingatkan Masyarakat Jaga Kelestarian Alam

Sabtu, 29 Februari 2020 20:29 WIB
Wakil Ketua MPR Fadel Muhammad saat Sosialisasi Empat Pilar MPR, di Desa Wisata Olele, Kecamatan Kabila Bone, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo, Sabtu (29/2). (Foto: Humas MPR)
Wakil Ketua MPR Fadel Muhammad saat Sosialisasi Empat Pilar MPR, di Desa Wisata Olele, Kecamatan Kabila Bone, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo, Sabtu (29/2). (Foto: Humas MPR)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Ketua MPR Fadel Muhammad mengingatkan bahwa Indonesia, hampir di seluruh wilayahnya, memiliki kekayaan tak terhingga. Yakni keindahan alam yang sangat luar biasa. Seperti keindahan hutan-hutan tropis beserta keragaman hayati di dalamnya dan keindahan laut beserta biota lautnya.

Keindahan alam tersebut mampu meningkatkan perekonomian rakyat melalui pemberdayaan wisata alam. Untuk itu, masyarakat harus mampu dengan upaya keras dan sungguh-sungguh menjaga kekayaan alam Indonesia. Sebab, menjaga kelestarian alam adalah refleksi dari pengamalan Pancasila yakni menjaga keutuhan bangsa dan negara termasuk alamnya.

Baca juga : Sosialisasi Empat Pilar MPR di Gorontalo, Fadel Cerita Usulan Amandemen UUD 1945

Hal tersebut diungkapkan Fadel dalam Sosialisasi Empat Pilar MPR, di Desa Wisata Olele, Kecamatan Kabila Bone, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo, Sabtu (29/2). Sosialisasi dihadiri tokoh masyarakat, tokoh agama, dan masyarakat sekitar.

Desa Olele, lanjut Fadel, adalah salah satu wilayah Indonesia yang memiliki kekayaan alam luar biasa. Terutama kekayaan alam laut dan biota di dalamnya. "Potensi Olele ini mulai dari karang-karang lautnya, kejernihan airnya, ikan-ikannya yang sangat banyak dan beragam. Sudah saya kembangkan saat saya menjabat gubernur Gorontalo dahulu, saya perjuangkan hingga menjadi wilayah konservasi," katanya.

Baca juga : Ucapkan Selamat Natal, Sekjen PBNU Ajak Masyarakat Jaga Persatuan dan Kesatuan

Kini, lanjut Fadel, Desa Wisata Olele sudah berkembang menjadi salah satu tujuan wisata populer domestik dan mulai dikenal mancanegara sebagai Taman Laut Olele. Terutama yang menyukai alam laut dan kegiatan snorkeling serta diving dengan 20 spot yang bisa dinikmati wisatawan. Saat melakukan snorkeling dan diving, wisatawan juga diberi fasilitas difoto oleh pemandu, di bawah laut bersama ikan-ikan hias dan terumbu karang yang cantik. 

"Spot-spot tersebut sangat bagus. Saya jamin. Sebab saya seorang penyelam," ucapnya.

Baca juga : Sosialisasi 4 Pilar, MPR Bidik Semua Kalangan

Fadel menegaskan, kelestarian alam beserta manfaatnya ada di tangan masyarakat sekitar yang hidup dan mengambil manfaat dari kekayaan alam tersebut. Masyarakat mesti menjaga anugerah Tuhan Yang Maha Kuasa tersebut dengan baik. Menjaga ciptaan Tuhan Yang Maha Esa dalam hal ini kekayaan alam dan segala isinya, juga adalah pencerminan Pancasila yakni sila pertama.  

"Apalagi, dengan kehadiran banyaknya wisatawan saat ini apalagi dari mancanegara, adalah kesempatan masyarakat untuk menunjukkan karakter bangsa yang ramah, beretika dan gemar menolong sesama. Tunjukkan nilai-nilai luhur bangsa yang merupakan jati diri kita," ucapnya. [BSH]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.