Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Sosialisasi Empat Pilar MPR di Gorontalo, Fadel Cerita Usulan Amandemen UUD 1945

Jumat, 28 Februari 2020 16:43 WIB
Wakil Ketua MPR Fadel Muhammad berceramah di Masjid Agung Baitulrahim, Kota Gorontalo. Sebelum melakukan sosialisasi Empat Pilar, Jumat (28/2). (Foto: Humas MPR)
Wakil Ketua MPR Fadel Muhammad berceramah di Masjid Agung Baitulrahim, Kota Gorontalo. Sebelum melakukan sosialisasi Empat Pilar, Jumat (28/2). (Foto: Humas MPR)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Ketua MPR, Fadel Muhammad, kembali mensosialisasikan Empat Pilar MPR. Kali ini, Jumat (28/2) di Provinsi Gorontalo, kampung halamannya.

Fadel menjelaskan makna Empat Pilar dengan gamblang. Mulai dari Pancasila, UUD 1945, NKRI, hingga Bhineka Tunggal Ika. Pemaparan ini dilakukan di Kantor Lurah Pohe, Hulonthalangi, Gorontalo.

Di hadapan ratusan masyarakat, Fadel menyampaikan beberapa hal tentang apa yang sedang dikerjakan MPR saat ini. Di antaranya, tentang wacana amandemen UUD terkait Pokok-Pokok Haluan Negara. Menurut Fadel, amandemen dan haluan negara ini penting dipahami masyarakat. 

Baca juga : Bamsoet Dorong Empat Pilar MPR Masuk Materi Pembekalan Advokat

"Pimpinan MPR bergerak cepat melakukan kajian dan juga menyambangi langsung berbagai elemen masyarakat. Seperti tokoh bangsa, pimpinan parpol, pimpinan ormas, pimpinan organisasi keagamaan dan lainnya, untuk meminta pendapat, masukan serta gagasan," ujar Fadel.

Dari pertemuan dengan berbagai elemen masyarakat tersebut, lanjut Fadel, ternyata banyak sekali aspirasi dan pendapat yang berbeda satu sama lain. Seperti, ada yang menginginkan kembali kepada UUD yang asli, dan ada yang berpendapat UUD yang sekarang sudah baik. 

"Walaupun berbeda-beda, namun tujuannya tetap sama, yakni demi kesejahteraan bersama. Inilah keindahan dari karakter bangsa kita bermusyawarah mencari yang terbaik untuk kepentingan bersama," ungkapnya.

Baca juga : Rangkul Komunitas Motor, MPR Sosialisasikan Empat Pilar Melalui Lomba Cerdas Cermat

Amandemen terbatas terkait pokok-pokok haluan negara, kata mantan Gubernur Gorontalo dua periode ini, juga diharapkan menjawab berbagai permasalahan bangsa terutama masalah perekonomian. Sistem perencanaan pembangunan nasional yang terarah, konsisten dan berkesinambungan, akan membuat pembangunan nasional menjadi fokus.

"Saya berharap masyarakat mendukung apa yang sedang dikerjakan MPR serta mendukung semua tugas-tugas dan kewenangannya.  Intinya, kita berupaya demi kesejahteraan bersama seluruh rakyat Indonesia," katanya.

Di pertemuan ini, Fadel juga bercerita pentingnya menjaga NKRI. Yang merupakan satu dari empat pilar ini. Menurutnya, ada kekhawatiran negara tetangga Papua Nuguini ingin mencaplok Papua. 

Baca juga : Gandeng OSIS, Bamsoet Galakan Sosialisasi Empat Pilar MPR di Kalangan Milenial

"Timor timur sudah lepas, jangan terjadi lagi. NKRI harus tetap ada," tegasnya.

Jadi, katanya, empat pilar ini merupakan sebuah pondasi kebangsaan. Jangan sampai tidak dipahami. Tujuannya, sebagai pondasi kehidupan berbangsa. [BSH]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.