Dark/Light Mode

Pentingnya Nilai Pancasila Dan UUD 1945 Sebagai Pemersatu Bangsa Bagi Generasi Muda

Jumat, 1 Februari 2019 11:11 WIB
Anggota Komisi X DPR RI dari Fraksi PAN, Anang Hermansyah. (Foto : Istimewa).
Anggota Komisi X DPR RI dari Fraksi PAN, Anang Hermansyah. (Foto : Istimewa).

RM.id  Rakyat Merdeka - SMA Dharma Karya UT, Kota Tangerang Selatan menggelar dialog kebangsaan untuk mengingatkan generasi muda tentang pentingnya Revitalisasi nilai Pancasila dan UUD 1945 (22/1). Anggota Komisi X DPR RI dari Fraksi PAN, Anang Hermansyah menjadi pembicara dalam acara tersebut. 

Indonesia merupakan negara dengan berbagai suku, bangsa dan agama. Sebagai generasi penerus bangsa,  milenial harus diingatkan kembali pentingnya untuk menjaga keharmonisan tersebut.

Baca juga : Persatuan Bangsa Lebih Penting Ketimbang Pemilu

Di hadapan para siswa, Anang menuturkan bahwa dengan beragam budaya yang dimiliki Indonesia, maka salah satu yang menjadi landasan penting untuk mempersatukannya adalah Pancasila. Anang tidak bisa membayangkan jika Pancasila tidak ada, maka gugusan Indonesia dari Sabang sampai Merauke juga tidak pernah lahir. “Pancasilalah yang bisa menyatukan dan merekatkan kita sampai sekarang ini, tanpa menghilangkan identitas masing-masing budaya yang ada,” Kata Anang.

Anang menjelaskan bahwa generasi muda harus diberikan pemahaman tentang pentingnya nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945 sebagai pemersatu keragaman budaya bangsa. "Nasib kita digantungkan kepada generasi muda sebagai generasi penerus Bangsa. Baik mereka, baik pula nasib bangsa kita ke depan. Jadi menurut saya memang wajib hukumnya untuk semakin memahamkan mereka tentang pentingnya Pancasila dan UUD 1945 bagi Indonesia," Tegas Anang.

Baca juga : Firman Subagyo Dorong Pemerintah Libatkan Kementan

Dalam penghujung acara, Anang juga menyampaikan pesan kepada seluruh siswa hadir bahwa generasi muda harus memiliki daya kreatifitas dan inovasi yang tinggi dalam mengisi ruang-ruang pembangunan Indonesia. [Rep]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :