Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

HNW Minta Mensos dan Menlu Kolaborasi Lindungi WNI Korban Covid-19 di Luar Negeri

Minggu, 12 April 2020 03:12 WIB
Hidayat Nur Wahid (Foto: Dok. MPR)
Hidayat Nur Wahid (Foto: Dok. MPR)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Ketua MPR, Hidayat Nur Wahid, meminta Kementerian Sosial (Kemensos) dan Kementerian Luar Negeri (Kemlu) berkolaborasi melindungi WNI yang berada di luar negeri, khususnya kalangan Pekerja Migran Indonesia (PMI) dan mahasiswa yang juga menjadi korban Covid-19 di negara-negara tempat mereka bekerja/belajar. 

“Saya sudah sampaikan aspirasi mereka baik melalui surat maupun melalui forum rapat DPR dengan menteri. Alhamdulillah responsnya positif," kata politisi yang akrab disapa HNW ini.

Baca juga : Menteri RI Usulkan Penanganan Covid-19 di Pertemuan ASEAN

Menurutnya, Menlu dan Mensos menjanjikan untuk memberikan perlindungan dan bantuan yang sesuai untuk WNI di luar negeri. Terbukti, dalam keputusan dan kesimpulan rapat Komisi I DPR bersama Menlu pada Selasa (7/4) dinyatakan bahwa Pemerintah berjanji untuk mengoptimalkan komunikasi, pemantauan, pemetaan, perlindungan, dan pelayanan terhadap WNI di setiap negara terkait dengan penanganan Covid-19 baik melalui media offline maupun online. 

Tidak hanya Kemenlu, Hidayat menuturkan perlu juga komunikasi dengan Kemensos karena terkait dengan bantuan sosial untuk WNI di luar negeri korban Covid-19. Karena itu, anggota Komisi VIII DPR itu juga menyampaikan langsung aspirasi tersebut kepada Menteri Sosial dalam Rapat Kerja Komisi VIII dengan Menteri Sosial (Selasa, 7/4). Hasil rapat itu di antaranya adalah Menteri Sosial berkomitmen akan membangun sinergi dan sinkronisasi program perlindungan sosial dengan Kementerian Luar Negeri. 

Baca juga : KPK Minta Pengguna Anggaran Penanganan Covid-19 Tak Takut Berlebihan

“Saya apresiasi respons positif kedua Menteri. Tentu WNI/PMI di LN sangat berharap agar kewajiban Negara terhadap WNI di LN dapat dilaksanakan dengan maksimal sebagaimana seharusnya. Dan berikutnya tentu PMI dan anggota DPR akan kawal realisasinya, agar janji Pemerintah penuhi kewajiban untuk melindungi WNI di luar negeri yang juga terimbas Covid-19, dapat terlaksana dengan sebaik-baiknya,” tegasnya. [QAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.