Dark/Light Mode

Puan: Berkurban Bermakna Solidaritas Sosial

Jumat, 31 Juli 2020 13:26 WIB
Ketua DPR Puan Maharani (Foto: Dok. DPR)
Ketua DPR Puan Maharani (Foto: Dok. DPR)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua DPR Puan Maharani memaknai perayaan Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriah sebagai aksi solidaritas sosial di tengah pandemi Covid-19. Berkurban merupakan bentuk kerelaan, kepedulian, dan memupuk nilai gotong-royong antarsesama.

“Kita telah melihat pengorbanan para tenaga medis yang rela mengorbankan segalanya di garda terdepan melawan virus Corona. Kita juga melihat para warga yang tidak mudik, termasuk di Hari Raya Idul Adha kali ini, rela mengorbankan silaturahim fisik dengan kerabatnya demi pencegahan penularan Covid-19," kata Puan, dalam keterangannya, Jumat (31/7).

Baca juga : Polri Sukses Tangkap Djoko Tjandra, Ketua Komisi III DPR Angkat TopiĀ 

Puan optimis, makna berkurban dan keihklasan yang dihadirkan saat Idul Adha kali ini mampu membantu mengurai Covid-19 secara gotong royong. Terlebih, makna Idul Adha yang tersirat dari teladan Nabi Ibrahim ketika menerima perintah kurban, mengajarkan untuk ikhlas dan patuh.

Ketua DPP PDIP ini turut prihatin terhadap tertundaanya sejumlah calon jamaah haji ke Tanah Suci akibat pandemi Covid-19. “Saya ikut merasakan kesedihan saudara-saudara kita yang tidak bisa berangkat haji tahun ini. Namun, kita tidak boleh mengabaikan kesehatan dan keselamatan, kita belajar keikhlasan dan kepasrahan Nabi Ibrahim ketika menerima kehendak Allah SWT," ujarnya.

Baca juga : Ketua DPR : Insya Allah, Tahun Depan Ibadah Haji Bisa Dilaksanakan

Puan mengajak masyarakat dalam suasana keprihatinan akibat pandemi, berbagi daging kurban bagi warga terdampak Covid-19 karena sangat membantu saudara-saudara yang membutuhkan. Distribusi daging kurban dapat melengkapi bantuan sembako kepada masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19.

"Mari kita fokuskan Idul Adha kali ini dengan berkurban bagi yang mampu. Tentu saja prosesi kurban hingga pembagiannya harus tetap menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran COVID-19," tutupnya. [BSH]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.