Dark/Light Mode

Terus Ingatkan Pemerintah

Ketua DPR : Insya Allah, Tahun Depan Ibadah Haji Bisa Dilaksanakan

Kamis, 30 Juli 2020 22:54 WIB
Ketua DPR RI Puan Maharani
Ketua DPR RI Puan Maharani

RM.id  Rakyat Merdeka - Tahun ini umat muslim merayakan Idul Adha ditengah keprihatinan akibat Pandemi Covid-19. Begitu banyak warga muslim Indonesia dan seluruh dunia yang tidak bisa melaksanakan ibadah Haji seperti tahun-tahun sebelumnya. 

"Saya ikut merasakan kesedihan saudara-saudara kita yang tidak bisa berangkat Haji tahun ini," tutur Ketua DPR RI Puan Maharani dalam rilis yang diterima RMco, Kamis (30/7/2020).

Kendati begitu, Puan mengingatkan semua pihak tidak boleh mengabaikan kesehatan dan keselamatan saat merayakan hari raya Idul Adha di Tengah Pandemi Covid-19.

"Kita belajar keikhlasan dan kepasrahan Nabi Ibrahim ketika menerima kehendak Allah SWT.  Insya Allah tahun depan ibadah haji bisa dilaksanakan, sehingga mereka yang tahun ini gagal melaksanakannya akan dapat berangkat," harap Puan Maharani.

Baca juga : Angka Positif Covid-19 Tembus 100 Ribu, Deddy Sitorus: Kita Masuki Tahap Krisis

Ditegaskan, DPR-RI akan terus mengingatkan pemerintah agar ada rencana matang dan yang memberi rasa keadilan dalam keberangkatan haji tahun depan.

Untuk itu, Puan Maharani mengajak umat muslim fokus merayakan Idul Adha kali ini dengan ber-Kurban bagi yang mampu.

"Dalam suasana keprihatinan akibat pandemi sekarang ini, berbagi daging kurban sangat membantu saudara-saudara kita," katanya.

Distribusi daging kurban kata dia, dapat  melengkapi bantuan sembako kepada mereka yang terdampak Pandemi Covid-19. 

Baca juga : DPR Minta Pemerintah Tunda Pilkada

Pihaknya mengingatkan agar prosesi kurban hingga pembagiannya, tetap menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

"Berkurban juga bisa dimaknai secara luas sebagai bentuk kerelaan kita untuk berbagi dan peduli dengan sesama, menciptakan solidaritas sosial dan memupuk gotong royong untuk mengatasi Pandemi Covid-19," tegasnya.

Puan Maharani juga melihat, bagaimana pengorbanan para tenaga medis di garda terdepan melawan virus Corona, warga yang tidak mudik, termasuk di hari raya Idul Adha kali ini, rela mengorbankan silaturahim fisik dengan kerabatnya demi pencegahan penularan Covid-19.

Kerelaan berkorban dan keikhlasan semua pihak untuk bahu membahu mengatasi Covid-19 ini masih terus dibutuhkan, mengingat penularan Covid-19 masih terus terjadi.

Baca juga : Obat Ekonomi Minus, Dito Dorong Pemerintah Jor-joran Belanja

Mantan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI ini berharap, dengan kerja keras dan gotong royong seluruh komponen bangsa, disertai keikhlasan dan kepatuhan seperti teladan Nabi Ibrahim ketika menerima perintah kurban, Bangsa ini segera bisa melewati masa-masa sulit akibat Pandemi Covid-19.

"Kepada Umat Muslim Indonesia yang saya cintai, Saya mengucapkan selamat Hari Raya Idul Adha 10 Dzulhijjah 1441 Hijriyah," tutup Puan Maharani. [FAZ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.