Dark/Light Mode

Saudagar Bugis Makassar Siap Bantu Pulihkan Ekonomi Nasional

Jumat, 21 Agustus 2020 20:32 WIB
Ketua DPD, La Nyalla Mahmud Mattalitti
Ketua DPD, La Nyalla Mahmud Mattalitti

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua DPD, La Nyalla Mahmud Mattalitti mengajak saudagar Bugis Makassar ikut membantu pemerintah dalam pemulihan ekonomi Indonesia yang saat ini menghadapi pandemi Covid -19.

“Saat ini, Indonesia memanggil 8 juta saudagar Bugis Makassar di seluruh dunia untuk membantu Indonesia. Untuk membantu Tanah Air kita bersama. Untuk memberikan kontribusi nyata dan legasi bagi negeri ini,” kata La Nyalla, dalam keterangannya di Jakarta, Jumat (21/8).

Menurutnya, membantu pemulihan ekonomi Indonesia saat ini sesuai dengan tema Pertemuan Saudagar Bugis Makassar (PSBM) ke-XX yaitu “Bersinergi Meraih Peluang di Era New Normal”, mengingat Indonesia dan hampir seluruh negara dunia sedang beradu cepat melakukan adaptasi dan inovasi serta perubahan dalam menghadapi pandemi dan dampak dari pandemi itu sendiri. Karena itu, 

Baca juga : Rumah Bung Karno Diusulkan Akan Dilengkapi Fasilitas Digital

“Izinkan saya mengutip pikiran Pak JK, bahwa tujuan utama PSBM adalah untuk menjaga spirit dan semangat. Bukan untuk transaksi dagang. Sehingga PSBM diharapkan melahirkan networking dan silaturahim yang baik diantara saudagar Bugis Makassar yang tersebar di seantero dunia. Di sinilah saya yakin, para saudagar Bugis Makassar dapat berkontribusi besar bagi Indonesia,” ujar La Nyalla.

Ia menambahkan, bahwa dampak dari pandemi ini memang luar biasa. Ada orang kaya yang tiba-tiba kehilangan kekayaannya dalam sekejap. Tetapi sebaliknya, ada orang yang tiba-tiba kaya mendadak.

“Pemilik aplikasi zoom meeting misalnya, tiba-tiba menjadi kaya mendadak. Sementara pemilik hotel mewah dan usaha travel tergerus omzetnya. Karena itu persaudaraan dan silaturahim yang erat menjadi sangat penting,” katanya.

Baca juga : Telkom Perkuat Pelaku Bisnis Lokal Untuk Gairahkan Ekonomi

Ia meyakini saudagar Bugis Makassar mampu memberi kontribusi bagi Indonesia, karena terkenal sebagai orang-orang yang memiliki 1.000 akal.

“Orang-orang pantang menyerah dan berani. Karena hanya orang-orang yang berani mengarungi lautan dan menghadapi ombak adalah petualang sejati. Di mana ada kesulitan, di situ ada kemudahan. Itu yang dikatakan Allah SWT dalam firman-Nya. Sehingga kita harus yakin,” katanya.

Turut hadir Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo, Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah, Ketua KKSS, Muchlis Patahna, Ketua Kadin Sulsel, Andi Iwan Darmawan Aras dan sejumlah tokoh lainnya.

Baca juga : Bos OJK Sampaikan Tiga Fokus Program Pemulihan Ekonomi Nasional

Sebelumnya, La Nyalla yang juga merupakan pengusaha ini melakukan pembicaraan di acara Pertemuan Saudagar Bugis Makassar (PSBM) ke-XX yang digelar secara virtual. Turut hadir sejumlah tokoh nasional diantaranya mantan wakil presiden yang juga Ketua Dewan Kehormatan Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) HM. Jusuf Kalla. [QAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.