Dark/Light Mode

Banyak Kelebihannya

Gobel Dorong Pemerintah Kembangkan Transportasi Massal Berbasis Rel

Minggu, 20 September 2020 12:26 WIB
Wakil Ketua DPR Koordinator Bidang Industri dan Pembangunan (Korinbang), Rachmat Gobel (kanan) mendengarkan, penjelasan Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (KAI) Didiek Hartantyo mengenai jalur kereta api di Pulau Jawa, di Kantor Pusat PT KAI, Bandung, Jawa Barat, Sabtu (19/9). (Foto: ist)
Wakil Ketua DPR Koordinator Bidang Industri dan Pembangunan (Korinbang), Rachmat Gobel (kanan) mendengarkan, penjelasan Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (KAI) Didiek Hartantyo mengenai jalur kereta api di Pulau Jawa, di Kantor Pusat PT KAI, Bandung, Jawa Barat, Sabtu (19/9). (Foto: ist)

 Sebelumnya 
Selain itu, kata dia, kereta api juga lebih ramah lingkungan karena konsumsi energi kereta lebih rendah serta minim emisi gas. Kebutuhan lahan juga relatif lebih kecil dibanding pembangunan jalan tol atau jalan bebas hambatan lainnya. 

“Moda kereta berperan penting sebagai pendorong pertumbuhan ekonomi nasional dengan memanfaatkan keunggulan komparatifnya sebagai sistem angkutan massal yang efisien,” katanya.

Baca juga : Giliran Ganjar Jadi Bulan-bulanan

Kereta juga mampu menyediakan layanan transportasi prima dan berorientasi pada pengguna. Layanan jasa kereta felskibel sehingga mampu melakukan pelayanan untuk golongan kelas ekonomi bawah, menengah hingga atas di Indonesia. Namun yang jauh lebih penting adalah  moda kereta api menurunkan biaya logistik nasional, karena daya angkutnya yang besar.

Dengan kelebihan itu, pengembangan transportasi berbasis rel harus menjadi agenda prioritas Presiden Jokowi dalam lima tahun ke depan. Pihaknya yakin, hal itu sangat mungkin dilakukan jika melihat selama ini program kerja Presiden yang menugaskan menterinya dalam pembangunan infrastruktur transortasi berbasis rel yang masif dalam lima tahun terakhir.

Baca juga : Kemenko Marves Dorong Ekonomi Kreatif Berbasis Digital

Selain itu, kata Gobel, PT KAI harus bisa menjalankan bisnis dengan konsep menunjang efisiensi dan peningkatan ekonomi. PT KAI juga harus berperan sebagai perusahaan negara dengan program program penyelamatan ekonomi dan berkomitmen menjadi ladang lapangan dan membuka peluang bisnis kemitraan bagi ekonomi skala kecil dan menengah dalam sektor jasa dan barang tertentu.

Direktur Utama PT KAI, Didiek Hartantyo, dalam pertemuan itu merespon positif, sekaligus mengapresiasi DPR mendukung pencairan dana PNM serta menjadikan transportasi berbasis rel sebagai prioritas. Apalagi, kata dia, Gobel bisa merasakan langsung transportasi tersebut dari Jakarta-Bandung untk melihat kelebihan dan kekurangannya, karena saat ini kereta belum dimanfaatkan sebagai transportasi unggulan. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.