Dark/Light Mode

Soal Usulan Perubahan Nama Provinsi

Fadel Dukung Jawa Barat Ganti Nama Jadi Sunda

Senin, 12 Oktober 2020 18:38 WIB
Wakil Ketua MPR RI Fadel Muhammad
Wakil Ketua MPR RI Fadel Muhammad

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Ketua MPR RI Fadel Muhammad, menyatakan mendukung usulan untuk mengubah nama Provinsi Jawa Barat menjadi Provinsi Sunda.

  “Tidak ada salahnya jika Provinsi Jawa Barat berganti nama menjadi Provinsi Sunda atau Provinsi Tatar Sunda,” kata Fadel Muhammad didampingi Anggota DPD RI dari Provinsi Jawa Barat Eni Sumarni saat Kongres Sunda 2 Tahun 2020 dan dialog Aspirasi Pengembalian Nama Provinsi Jawa Barat menjadi Provinsi Sunda/Tatar Sunda di Perpustakaan Ajip Rosidi, Kota Bandung, Senin (12/10).

Pada kesempatan itu, Fadel meminta, Kongres Sunda atau panitia terus menjalin komunikasi lebih luas dengan tokoh-tokoh masyarakat Sunda, baik yang tinggal di Jawa Barat, ibu kota Indonesia, atau luar negeri, untuk mendapat dukungan dan arahan.

“Dekati Presiden. Cari tokoh. Minta waktu. Insya Allah bisa,” kata Fadel.

Baca juga : KPK Masih Bahas Peralihan Status Pegawai Jadi ASN

 Fadel menuturkan, perubahan ganti nama provinsi bukan sesuatu yang tidak mungkin. Misalnya, Provinsi Irian Barat yang berhasil berganti nama menjadi Provinsi Papua. Begitu pun dengan pembentukan Provinsi Gorontalo, yang namanya berbeda dengan provinsi lainnya di Pulau Sulawesi.

“Kami dari MPR, di sini menyerap aspirasi masyarakat, nanti kami sampaikan ke Presiden," kata mantan Gubernur Garontalo itu.

Di tempat yang sama, Anggota DPD RI, Eni Sumarni mengaku nama Sunda sudah nyaris tidak ada di peta, selain Selat Sunda. Padahal, Sunda dulunya sebuah kepulauan sampai Nusa Tenggara.

Karena itu, Eni menekankan Sunda bukanlah hanya sebuah etnis, tetapi sebuah nama geografis, sehingga tidak usah dibenturkan dengan kesukuan lainnya yang tinggal di Jawa Barat.

Baca juga : Razia Terus, Awas Aparat Jangan Sampe Kendor..!

“Secara psikologis dan historis, ini sudah mendukung. Tinggal kita berani, dan kompak saja. Kami mengapresiasi tokoh masyarakat Jawa Barat yang menginginkan untuk mengubah nama provinsinya menjadi Provinsi Sunda," katanya.

Ketua SC Kongres Sunda, Andri Kantaprawira mengatakan berdasarkan pendapat para tokoh Sunda, mereka menginginkan agar nama Sunda minimal tertulis dalam sebuah nama administratif, sebuah provinsi.

Usulan itu, lanjutnya, , sudah dimulai sejak 1926, saat Pemerintah Kolonial Belanda mempersilakan penggunaan nama Provinsi Sunda sebagai nama Provinsi Jawa Barat.

Andri menyampaikan, dirinya akan langsung menyurati Presiden RI Jokowi supaya sejarah pengembalian nama provinsi ini tercipta di masa pemerintahan Presiden Jokowi.

Baca juga : PSBB Total, Layanan Uji Emisi Gratis Untuk Warga Jakarta Ditunda

“Kami berharap kawasan dan warga yang selama ini tinggal di tempat bernama Jawa Barat akan kembali memiliki spirit jati diri dan kebudayaan, jika namanya jadi Provinsi Sunda," katanya.

Andri menambahkan,  berbagai tokoh Sunda pun mendukung rencana tersebut, termasuk dari kawasan Pantura Jawa Barat. Pihaknya akan terus memperkuat komunikasi dengan berbagai pihak tersebut. QAR

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.