Dark/Light Mode

Banyak Prestasinya, TNI Paling Dipercaya Rakyat

Kamis, 22 Oktober 2020 08:47 WIB
Ilustrasi Tentara Republik Indonesia (TNI). (Foto: Puspen TNI)
Ilustrasi Tentara Republik Indonesia (TNI). (Foto: Puspen TNI)

 Sebelumnya 
Tiga pasukan elite TNI itu juga memiliki kemampuan tempur yang disegani dunia dan mampu melaksanakan berbagai tugas berat lainnya. “Mulai dari operasi pembebasan sandera dengan kompleksitas risiko yang tinggi, hingga evakuasi korban di medan lapangan yang sulit dan ekstrem,” jelas Bamsoet.

Optimalisasi Pasukan Khusus

Baca juga : Catat, 5 Lokasi Ini Layani Perpanjang SIM Di Jakarta

Sedangkan Laksdya TNI Amarulla Octavian berbicara dari sisi kompleksitas ancaman nasional di era Revolusi Industri 4.0. Menurut dia, ancaman senjata nuklir, biologi dan kimia (nubika) serta perang siber, menuntut optimalisasi kemampuan TNI, khususnya pasukan khusus.

Secara khusus, dia menyoroti kemungkinan besar ancaman ke depan seperti Covid-19 yang di gunakan sebagai senjata biologi, serta ancaman siber seperti bom elektronik yang dapat me madamkan listrik lebih dari 24 jam. Kemungkinan ini perlu diwaspadai.

Baca juga : Cukup Sarapan dan Vitamin, Rupiah Diramal Kuat

Octavian mengatakan, sifat operasi khusus di abad 21 sangat luas, serta terbagi menjadi spektrum masa damai dan masa perang. “Seiring dengan luas spektrum operasi khusus tersebut, pasukan khusus ke depan tidak hanya menjadi instrumen militer, namun juga politik dan diplomasi. Beroperasi di arena internasional serta sebagai kekuatan awal dalam menghadapi ancaman mi liter, nonmiliter, dan hibrida,” jelas perwira tinggi TnI bergelar doktor ini.

Sementara, Mayjen TNI M Hasan memastikan, Kopassus selalu siap digerakkan dalam menghadapi ancaman mili ter, non militer dan hibrida. Juga potensi ancaman saat ini, yaitu Covid19, krisis ekonomi, perang siber, media sosial, perang nubika, bencana alam, proxy war, terorisme, narkoba dan ancaman ideologi. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.