Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Ketua MKD: Sumpah Pemuda Mengingatkan Kita Pentingnya Persatuan

Rabu, 28 Oktober 2020 17:01 WIB
Ketua MKD DPR Aboebakar Alhabsy (Foto: Istimewa)
Ketua MKD DPR Aboebakar Alhabsy (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR Aboebakar Alhabsy menjelaskan mengenai hakikat peringatan Sumpah Pemuda. Kata dia, Sumpah Pemuda mengajarkan bangsa Indonesia akan pentingnya persatuan. 

"Peringatan Sumpah Pemuda mengingatkan kita semua akan artinya persatuan. Bahwa dengan persatuan, kita dapat merebut kemerdekaan. Tentunya saat ini dengan persatuan pula kita dapat mempertahankan kemerdekaan ini," ujar Habib, sapaan Aboebakar, dalam keterangannya, Rabu (28/10).

Baca juga : Sumpah Pemuda Dan Sektor Pertanian

Anggota Komisi III DPR RI ini mengungkapkan, Sumpah Pemuda juga mengingatkan bangsa ini agar tidak mudah diadu domba antar sesama anak bangsa. Supaya tidak mudah dibenturkan antar satu kelompok dengan kelompok lainnya. Terlebih lagi, di era global yang didominasi dengan perang asimetris yang menggunakan pendekatan proxy war, kesadaran untuk tidak mudah dipecah belah itu menjadi suatu yang sangat penting. 

Tidak hanya itu, lanjut politisi PKS ini, Sumpah Pemuda juga memberikan nilai nasionalisme yang kuat. Masyarakat Indonesia yang terdiri dari berbagai suku, disatukan menjadi satu bangsa yaitu bangsa Indonesia dan satu tanah air yaitu tanah air Indonesia. Hal Ini mengandung makna yang sangat luas, yakni mengajarkan kita untuk selalu mengedepankan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan kelompok. 

Baca juga : Satu Laut yang Menyatukan Indonesia

"Dan yang tidak kalah pentingnya, semangat nasionalisme ini juga mengingatkan kita agar tidak menjadi bagian dari pihak yang memuluskan kepentingan asing di bumi pertiwi. Sumpah Pemuda adalah deklarasi kesatuan Tanah Air yang harus dijaga dan dilindungi. Karenanya, setiap anak bangsa harus mengedepankan kepentingan bangsa dan negara, bukan kepentingan pihak asing," tegasnya. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.