Dark/Light Mode

Bandara Soekarno-Hatta Permudah Ekspor

Bamsoet: Dulu, UMKM Takut Berurusan Dengan Bea Cukai

Sabtu, 14 November 2020 07:06 WIB
Ketua MPR Bambang Soesatyo. (Foto: Instagram)
Ketua MPR Bambang Soesatyo. (Foto: Instagram)

 Sebelumnya 
Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia ini menambahkan, Presiden Joko Widodo juga sudah mengeluarkan berbagai stimulus untuk memudahkan pelaku UMKM mengekspor barangnya. Di antaranya, insentif PPh Pasal 21, penghasilan final tarif 0,5 persen yang ditanggung pemerintah, insentif angsuran PPH Pasal 25, hingga insentif Pajak Pertambahan Nilai PPN.

Baca juga : BNI Teken Mou Dengan Kemendag Dan LPEI

Selama ini, lanjutnya, banyak sekali barang e-commerce dari luar negeri yang membanjiri Indonesia. Karena itu, pemerintah mengeluarkan kebijakan bea masuk impor barang kiriman melalui e-commerce menjadi 3 dolar AS, atau setara Rp 42 ribu per barang.

Baca juga : Program Restrukturisasi Ringankan Beban Rakyat

“Sebagai garda terdepan, Bea Cukai harus memastikan aturan ini bisa tegak. Dengan begitu, kita bisa menurunkan impor, sekaligus meningkatkan produktivitas pelaku UMKM melakukan ekspor,” terang Bamsoet.

Baca juga : Gandeng Kibif, Sembapur Permudah Masyarakat Beli Daging Berkualitas

Selain Bamsoet dan Kepala Bea Cukai Soekarno-Hatta Finari Manan, kegiatan tersebut dihadiri Executive General Manager Bandara Soekarno-Hatta agus Haryadi, Vice President Ground Service PT Garuda Indonesia Engelin Yolanda Kardinal, dan Kapolres Bandara SoekarnoHatta, Kombes Adi Ferdian Saputra. [ONI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.