Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Sabam Sirait: Semangat Juang Pahlawan Harus Jadi Kekuatan Hadapi Persaingan Global

Senin, 23 November 2020 16:19 WIB
Anggota MPR Sabam Sirait (tengah) saat menerima Bintang Mahaputra Utama dari Presiden Jokowi (Foto: Istimewa)
Anggota MPR Sabam Sirait (tengah) saat menerima Bintang Mahaputra Utama dari Presiden Jokowi (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Politisi gaek yang juga anggota MPR paling senior, Sabam Sirait, mengingatkan kembali semua pihak untuk terus mengingat dan mengenang perjuangan para pahlawan di masa lalu. Nilai-nilai perjuangan itu pun harus melekat dalam sanubari setiap warga Indonesia. 

"Semangat juang para pahlawan terdahulu, yang diwariskan kepada generasi masa kini dan yang akan datang, harus menjadi kekuatan tersendiri menghadapi persaingan global yang sudah di depan mata. Itu adalah kekuatan yang murni," kata senator dari daerah pemilihan DKI Jakarta ini.

Baca juga : Jangan Tukar Kedaulatan Dengan Uang, Itu Salah

Sabam mengatakan, kesiapan bangsa ini dalam menghadapi era yang akan datang harus disertai dengan komitmen mengingat pahlawan-pahlawan di masa lampau. Sabam melihat, perkembangan zaman, teknologi, dan era yang serba terbuka menyebabkan rentannya kehidupan berbangsa akan potensi perpecahan. Terlebih banyaknya oknum dan kepentingan yang tidak senang dengan keutuhan NKRI. 

"Untuk itu, dengan menjunjung nilai persatuan sebagaimana tertuang dalam Pancasila dan kesatuan yang telah diperlihatkan para pahlawan bangsa, generasi penerus bangsa harus mampu merealisasikan apa yang menjadi cita-cita luhur para pendiri bangsa untuk menjadikan bangsa ini menjadi bangsa yang besar, majemuk, menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila," jelas penerima Bintang Mahaputra Utama dari Negara.

Baca juga : Keluarga Jadi Kekuatan Utama Pencegahan Penyebaran Corona

Dewasa ini, sambung Sabam, menjadi pahlawan tidak lagi harus bertempur di medan perang. Terlebih di saat pandemi seperti ini. Saat ini, untuk menjadi pahlawan bagi siapa pun dengan turut membantu menjalankan instruksi pemerintah dalam menanggulangi pandemi Covid 19.

Secara khusus, Sabam memberi apresiasi tinggi bagi mereka yang di garda terdepan dalam menangani Covid-19. Baik itu tenaga kesehatan, pemerintah, aparat keamanan, maupun relawan. Mereka adalah Pahlawan, mereka adalah pejuang yang banyak berkorban untuk membantu masyarakat dan membantu Indonesia.

Baca juga : Bertahan Di Tengah Pandemi, Kementan Apresiasi Peternak Sapi Perah Di Jakarta

Tidak lupa Sabam mendorong masyarakat untuk terus bergotong royong dan bergandengan tangan untuk bertahan di masa-masa sulit seperti ini. Setidaknya, dengan taat menjalankan Protokol kesehatan, hal itu sudah membantu meringankan beban mereka yang berjuang di garis depan berperang dengan pandemi Covid-19. "Sebagai negara Pancasila dan bangsa yang memegang teguh Ketuhanan Yang Maha Esa, kita harus terus mendoakan yang terbaik bagi bangsa ini," pungkas Sabam. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.