Dark/Light Mode

Gus Jazil: Nilai-Nilai Kepahlawanan Harus Diaktualisasikan Di Tengah Masyarakat

Selasa, 10 November 2020 21:59 WIB
Gus Jazil: Nilai-Nilai Kepahlawanan Harus Diaktualisasikan Di Tengah Masyarakat

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Ketua MPR Jazilul Fawaid mengajak masyarakat untuk mengaktualisasikan nilai-nilai kepahlawanan. Hal itu disampaikan saat dirinya melakukan kunjungan kerja di Kota Manado, Sulawesi Utara, (9/11). 

“Pada momentum Hari Pahlawan 10 November, mari kita aktualisasikan nilai-nilai kepahlawanan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara," kata pria yang akrab disapa Gus Jazil itu.

Politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu menegaskan, pahlawan adalah sosok yang mendahulukan dan mementingkan kepentingan bangsa dan negara, di atas kepentingan golongan dan pribadi.

Baca juga : Petani Yakini Nanas Subang Terus Eksis Di Tengah Pandemi

“Nilai-nilai seperti itulah yang perlu terus dikembangkan, dirawat, dan dijaga," ujarnya.

Ia mengakui, nilai-nilai kepahlawanan di tengah masyarakat mulai luntur dan menipis. Banyak kalangan lebih mendahulukan kepentingan pribadi dan golongan, ketimbang kepentingan bangsa dan negara. 

“Sikap yang demikian kerap menimbulkan masalah”, ungkapnya. 

Baca juga : Gus Jazil Minta Wisudawan Aktualisasikan Ilmu ke Masyarakat

Untuk itu, pria asal Pulau Bawean, Kabupaten Gresik, Jawa Timur, itu mengajak seluruh masyarakat untuk menjadikan momentum Hari Pahlawan, sebagai penyadaran kembali meletakkan kepentingan yang lebih besar di atas kepentingan pribadi dan golongan. Menjadi insan Indonesia yang cinta kepada bangsa dan negara.

"Penting bagi kita membudayakan nilai-nilai kepahlawanan. Sebab, bila membudayakan mendahulukan kepentingan pribadi dan golongan, akan membahayakan masa depan bangsa Indonesia," papar Gus Jazil.

Hari Pahlawan diperingati untuk mengenang Pertempuran Surabaya, yang terjadi pada 10 November 1945.

Baca juga : Penundaan SPI Bawang Putih Bakal Rugikan Masyarakat

Pertempuran itu untuk mempertahankan Indonesia dari keinginan penjajah, untuk merebut kembali Indonesia yang sudah merdeka.

Untuk mengenang jasa-jasa para pejuang dan pahlawan pada peristiwa itu, pemerintah menetapkan 10 November sebagai Hari Pahlawan berdasarkan Keppres No. 316 Tahun 1959. Tema Peringatan Hari Pahlawan tahun 2020 adalah Pahlawanku Sepanjang Masa. [QAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.