Dark/Light Mode

Bertahan Di Tengah Pandemi, Kementan Apresiasi Peternak Sapi Perah Di Jakarta

Minggu, 15 November 2020 16:16 WIB
Peternakan sapi perah/Ist
Peternakan sapi perah/Ist

RM.id  Rakyat Merdeka - Direktur Perbibitan dan Produksi Ternak, Sugiono mewakili Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) Kementerian Pertanian (Kementan) menyampaikan apresiasinya kepada para peternak sapi perah di DKI Jakarta. Lantaran, sampai saat ini masih mampu bertahan di tengah derasnya kemacetan Ibu Kota. 

Hal tersebut dia ucapkan saat mememani Plt Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian Provinsi DKI Jakarta Suharini Eliawati membuka acara Ekspos Sapi Perah di Pondok Ranggon Jakarta Timur yang dilaksanakan oleh Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian Provinsi DKI Jakarta, Sabtu (14/11).

Terlebih lagi dengan adanya tantangan pandemi Covid-19 ini. Menurutnya, peternak sapi perah di DKI Jakarta sudah luar biasa berupaya maksimal untuk memenuhi protein hewani. 

Baca juga : Di tengah Pandemi, 99 Group Akuisisi SRX

"Saya sangat apresiasi peternak sapi perah di DKI Jakarta di tengah kemacetan Ibu Kota dan adanya pandemi Covid-19 untuk memenuhi kebutuhan protein hewani, ini luar biasa," kata Sugiono. 

Ia menambahkan, peternak sapi perah di DKI Jakarta ini sesuai dengan semangat program Kementan pada tahun 2020, yaitu Sikomandan (Sapi Kerbau Komoditas Andalan Negeri). Di mana salah satu program di dalamnya ada kegiatan Inseminasi Buatan (IB). 

"Sikomandan ini diharapkan dapat mengangkat harkat dan kesejahteraan peternak. Jadi ini sejalan," ucap Sugiono. 

Baca juga : Memaknai Hari Pahlawan, Pejuang Bulutangkis Indonesia Tidak Lahir Secara Instan

Sementara Plt Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian Provinsi DKI Jakarta Suharini Eliawati menyampaikan, meski di tengah pandemi Covid-19 saat ini, pihaknya tetap berkomunikasi dengan peternakan yang ada di wilayah Jakarta. 

"Kami selalu support dan memberikan dukungan kepada peternak sapi perah di wilayah DKI Jakarta walaupun di tengah pandemi Covid-19," imbuh dia. 

Salah satu peternak Jakarta Selatan saat melakukan wawancara live streaming di lapangan berharap, ke depannya ada peternakan sapi untuk persiapan hewan kurban di Jakarta, sehingga peningkatan ekonomi bidang peternakan bisa lebih ditingkatkan. 

Baca juga : Mafia Tanah Pakai Buzzer, Kementerian ATR Gandeng Polisi Bentuk Satgas

Pada kegiatan tersebut, beberapa agenda yang dilakukan yakni kunjungan Sentra Unit Pengolahan Hasil (UPH) Kelompok Olahan Susu Swadaya, kunjungan ke peternakan sapi serta panen padet yang dihadiri oleh Pemda Jakarta Timur dan jajaranya serta BPOM.  [KAL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.