Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Mau Cari Pemimpin Berkualitas

Wakil Ketua MPR: Datangi Pesantren

Senin, 30 November 2020 12:48 WIB
Wakil Ketua MPR Syarief Hasan.
Wakil Ketua MPR Syarief Hasan.

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Ketua MPR Syarief Hasan menyarankan kepada pihak-pihak yang sedang mencari kader bangsa maupun pemimpin agar mendatangi pesantren-pesantren. Sebab, pesantren merupakan tempat belajar komperhensif. Santri diberikan bekal pengetahuan agama dan ilmu umum. 

"Kalau ingin mendapatkan pemimpin datanglah ke pondok pesantren. Pemimpin yang bagus adalah pemimpin yang pengetahuan ilmu umum dan akhirat. Karena harus ada keseimbangan. Pemimpin sebaiknya menguasai ilmu pengetahuan umum dan ilmu agama," kata Syarief Hasan dalam Temu Tokoh Nasional di Pondok Pesntren Al Falak, Loji Bogor Barat, Minggu (29/11). Hadir dalam Temu Tokoh Nasional ini Staf Ahli Wakil Ketua MPR Jafar Hafsah dan pengasuh Ponpes Al Falak.

Syarief mencontohkan pondok pesantrean Al Falak. Di sini, santri diajarkan ilmu agama dan ilmu umum.  Dia memuji keberhasilan Al Falak dalam mengajarkan pengetahuan ilmu umum kepada santri. Dalam Temu Tokoh Nasional ini, Syarief Hasan sempat mengajukan beberapa pertanyaan kepada para santri tentang kewenangan MPR, Pancasila dan  tentang lambang Bhinneka Tunggal Ika. Semua pertanyaan bisa dijawab dengan baik oleh para santri.  

Baca juga : Bertemu Dubes Maroko, Ketua MPR Bahas Upaya Perdamaian Dunia

"Luar biasa santri pesantren Al Falak ini. Semua pertanyaan bisa dijawab dengan benar. Santri harus menguasai ilmu agama dan ilmu umum," ucap Syarief Hasan kagum.

Ketika Syarief Hasan meminta santri menyebutkan sila-sila Pancasila. Para santri juga bisa menjawab dengan lancar.

"Pondok pesantren Pancasilais sejati. Pondok pesantren gudangnya para Pancasilais. Kalau ingin mendapatkan pemimpin datanglah ke pesantren," tandasnya lagi. Syarief Hasan meminta para santri berani tampil ke depan.

Baca juga : Begini Cara Kemenperin Kerek IKM Pangan

"Generasi muda harus tampil ke depan. Jangan malu-malu. Generasi muda adalah harapan bangsa. Kalian yang akan menjadi pemimpin bangsa menggantikan kami-kami," kata Syarief.

Dia juga mengingatkan para santri untuk jangan takut berbuat kesalahan. Justru kesalahan dan kegagalan adalah awal dari kesuksesan.

"Tidak ada orang yang berhasil tanpa berbuat kesalahan dan tanpa pernah gagal. Karena itu para santri harus berani tampil," pinta Menteri Koperasi dan UKM pada era pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono ini.

Baca juga : Begini Penerapan Protokol Kesehatan Di Pesawat AirAsia

Pondok Pesantren Al Falak merupakan pondok pesantren tertua yang didirikan pada 17 Agustus 1901. Pondok pesantren ini didirikan oleh K.H. Tb Muhammad Falak Abbas atau biasa dikenal Abah Falak. Kini sebanyak 300 santri menuntut ilmu di pondok pesantren ini dan sebanyak 800 siswa mengikuti pendidikan di madrasah. QAR

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.